Parlemen Minta Pemprov Beri Perhatian Makam Syekh Yusuf di Sumenep

PARLEMEN JATIM-Jawa Timur adalah provinsi besar yang kaya akan sejarah dan peradaban. Banyak tokoh besar yang jejaknya bisa ditemukan di J...

PARLEMEN JATIM-Jawa Timur adalah provinsi besar yang kaya akan sejarah dan peradaban. Banyak tokoh besar yang jejaknya bisa ditemukan di Jawa Timur. Salah satu jejak sejarah itu adalah makam para tokoh dan ulama yang terdapat di Jatim.

Satu diantaranya adalah makam pahlawan nasional Syekh Yusuf Tajul Khalwati atau biasa dikenal dengan sebutan Syekh Yusuf Almaqassari Al-Bantani. Syekh Yusuf adalah ulama dan tokoh diaspora pertama asal Indonesia. Makam Syekh Yusuf di Kabupaten Sumenep banyak didatangi orang dari berbagai daerah untuk berziarah.

Anggota DPRD Jatim,  Afwan Maksum menilai Pemprov Jatim patut memberi perhatian terhadap keberadaan makam Syekh Yusuf yang berada di Kabupaten Sumenep.  Sebab Syekh Yusuf bukan saja ulama tapi seorang pejuang kemerdekaan dan seorang nasionalis.

"Saya minta Pemprov memberi perhatian khusus pada makam Syekh Yusuf. Pemerintah Afrika Selatan saja memberi gelar pahlawan kepada Syekh Yusuf. Bahkan Nelson Mandela mantan Presiden Afsel begitu mengidolakan Syekh Yusuf. Sosok Syekh Yusuf lah yang menginspirasi Mandela untuk melawan politik apartheid," tutur Afwan.

Anggota Komisi B DPRD Jatim ini mengungkapkan, makam Syekh Yusuf ini layak dijadikan sebagai cagar budaya sebagaimana makam tokoh besar lainnya seperti Soekarno. Karena itu,  perawatan dan pemeliharaan makam akan lebih terjamin karena menjadi tanggungjawab pemerintah. Tentunya pemprov perlu juga meminta persetujuan ahli waris atau keturunan Syekh Yusuf.

Afwan melanjutkan,  makam Syekh Yusuf juga bisa menjadi destinasi wisata religi di Jawa Timur. Tentunya diikuti dengan pembangunan infrastruktur dan fasilitas pendukung yang memudahkan akses transportasi bagi peziarah.

"Kalau dikelola dengan baik, destinasi wisata religi di Jatim bisa berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat sekitar.  Tentunya juga menambahkan pendapatan asli daerah atau PAD," imbuh politisi PDI Perjuangan ini.

Terpisah,  tokoh pemuda Jatim asal Kabupaten Sumenep Rusman Hadi mengapresiasi besarnya perhatian Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa kepada makam bersejarah dan situs budaya. Terbukti di era Khofifah ini para penjaga makam,  situs dan cagar budaya mendapat tunjangan bulanan.  Karena itu, pihaknya berharap gubernur juga memberi perhatian terhadap makam Syekh Yusuf di Sumenep.

Mantan Bendahara PKC PMII Jatim ini,  mengungkapkan warga Jawa Timur patut bangga karena makam Syekh Yusuf ada di Kepulauan Sumenep yang masuk wilayah Jatim. Sebab Syekh Yusuf adalah ulama besar yang diakui kiprahnya oleh dunia. Karena itu sudah sepantasnya perjuangan Syekh Yusuf mendapatkan pengakuan dari Pemprov Jatim dengan menjadikan makam beliau sebagai situs bersejarah.

"Sebagai putra daerah Sumenep tentu saya bangga dengan keberadaan makam Syekh Yusuf. Saya berharap pemprov memberi perhatian makam Syekh Yusuf sebagaimana makam Sunan Ampel di Surabaya atau makam Bung Karno di Kota Blitar," pungkas Rusman.

Untuk diketahui,  Syekh Yusuf adalah ulama besar dan pejuang kemerdekaan asal Kesultanan Gowa,  Makassar. Ia dibuang oleh Belanda ke Afrika Selatan karena dianggap membahayakan pemerintahan kolonial. Syech Yusuf yang merupakan menantu Sultan Banten,  Sultan Ageng Tirtayasa memiliki 5 makam di Cape Town Afrika Selatan,  Gowa Sulawesi Selatan,  Serang Banten, Srilanka dan Sumenep, Jawa Timur.  (mdr)

COMMENTS

Nama

Aspirasi,15,BANGGAR,3,BAPERDA,10,Dapil 1,9,Dapil 10,3,Dapil 11,5,Dapil 2,4,Dapil 3,7,Dapil 4,5,Dapil 5,11,Dapil 6,17,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,Eksekutif,51,F-NasDem,1,F-PAN,1,F-PD,3,F-PDIP,6,F-PG,5,F-PKB,5,F-PKS,19,F-PPP,2,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,3,Fraksi NasDem-Hanura,4,Headline,849,Interupsi,342,Komisi A,18,Komisi B,37,Komisi C,28,Komisi D,21,Komisi E,75,Opini,24,Parlementaria,62,Pilgub,178,Pilkada,14,Profil,20,Sosialisasi,3,Video Parlemen Jatim,5,
ltr
item
Parlemen Jatim: Parlemen Minta Pemprov Beri Perhatian Makam Syekh Yusuf di Sumenep
Parlemen Minta Pemprov Beri Perhatian Makam Syekh Yusuf di Sumenep
https://1.bp.blogspot.com/-tRItqpCY4QA/WrqEmMHe_PI/AAAAAAAACjE/0GfA15iUPl8bKyE7i2jUvo3zAsYgXTgTgCPcBGAYYCw/s1600/afwan_maksum_pdip.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-tRItqpCY4QA/WrqEmMHe_PI/AAAAAAAACjE/0GfA15iUPl8bKyE7i2jUvo3zAsYgXTgTgCPcBGAYYCw/s72-c/afwan_maksum_pdip.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2019/06/parlemen-minta-pemprov-beri-perhatian.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2019/06/parlemen-minta-pemprov-beri-perhatian.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy