Ini Kader Ansor di DPRD Jatim

PARLEMEN JATIM-Gerakan Pemuda Ansor adalah salah satu organisasi massa (ormas) kepemudaan terbesar di negeri ini.  Di Jawa Timur, badan ot...

PARLEMEN JATIM-Gerakan Pemuda Ansor adalah salah satu organisasi massa (ormas) kepemudaan terbesar di negeri ini.  Di Jawa Timur, badan otonom (Banom) NU ini menjadi parameter nasional. Ansor di Jatim seperti kawah candra muka untuk menempa calon pemimpin muda. Tak heran, banyak kader Ansor yang mewarnai lembaga pemerintahan, baik eksekutif, yudikatif maupun legislatif.

Pada Pemilu 2019 ada belasan kader Ansor aktif yang ada di struktural lolos ke parlemen. Demikian pula puluhan kader Ansor kultural atau non struktural juga berhasil menjadi anggota parlemen diberbagai tingkatan. Namun di DPRD Jawa Timur hanya ada satu kader Ansor aktif. Ia menjadi bagian dari 120 anggota DPRD Jawa Timur periode 2019-2024.

 Sosok itu adalah Deni Prasetya yang terpilih dari daerah pemilihan (Dapil) V, meliputi Kabupaten Jember dan Lumajng.  Deni adalah kader Ansor aktif yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Gerakan Pemuda Ansor Cabang Kencong, Jember.

"Saya beruntung punya jejaring Ansor dan Banser. Mereka selain memilih saya, juga berperan membantu ikhtiar saya saat kampanye lalu," tutur Deni, Rabu (4/9).

Deni mengaku, meskipun ia menjabat sebagai Wakil Ketua Ansor Cabang Kencong tapi tidak serta merta secara struktural bisa menggerakan potensi Ansor dan Banser di bawah.  Sebab dukungan yang diberikan para anggota Ansor dan Banser itu karena berlandaskan hubungan emosional dan solidaritas sesama kader.

Politisi muda NasDem ini mengakui meskipun dukungan yang diberikan oleh anggota Ansor dan Banser kepada dirinya bersifat pribadi, namun dampsknya signifikan. Karena jejaring mereka ada sampai di pelosok desa,  bahkan hingga tingkat RT dan RW. Dengan begitu, proses sosialisasinya lebih mudah dan mengena langsung ke masyarakat.

"Simpul saya di bawah itu ya para sahabat Ansor dan Banser. Mereka membantu saya karena solidaritas sesama kader. Mereka ini lah yng menjembatani saya bertemu dengan masyarakat," imbuh Deni.

Selain jaringan organisasi di Ansor, Deni juga mengaku terbantu dengan hobi yang ia geluti selama ini, yakni mengendarai sepeda motor Yamaha RX King. Para penghobi Yamaha RX King ini banyak yang menjadi pemilih dirinya. Bahkan mereka ikut membantu memgkampanyekan dirinya ke keluarga maupun masyarakat umum.

Deni memang wajar dipilih oleh para penghobi RX King, karena ia salah satu tokoh di organisasi yang menaungi hobi ini. Karena itu sosoknya cukup dikenal dan familiar di kalangan penggemar sepeda motor legendaris tersebut. Saat ini, Deni adalah Bendahara Umum Yamaha RX King Indonesia (YRKI) Jawa Timur.

"Di Jember itu anggota YRKI ada sekitar 400 orang, di Lumajang ada 250 orang. Solidaritas kami sangat kuat, tak heran mereka juga membantu saya saat pemilu," bebernya.

Meski masih tergolong muda, sejatinya Deni bukan tergolong politisi baru. Ia pernah menjadi anggota DPRD Kabupaten Jember periode 2014-2019 dari Fraksi PKB. Namun Deni tak sampai selesai menjalani tugas di DPRD Jember, karena ia memutuskan maju sebagai calon anggota DPRD Jatim dari Partai NasDem. Konsekuensinya jelas, ia haris mundur sebagai anggota DPRD Jember sekaligus anggota DPC PKB Jember.

Mantan Ketua DKC Gerakan Pemuda Kebangkitan Bangsa (Garda Bangsa) Kabupaten Jember ini mengaku orangtuanya H. Marzuki Abdul Ghofur adalah Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Jember. Namun bukan itu faktor yang membuat dirinya pindah dari PKB ke NasDem. Sebaliknya, justru dorongan dari ulama NU di Jember yang mendorongnya hijrah dari PKB ke NasDem.

Deni membeberkan, kalau sejak dulu selalu berbeda pilihan politik dengan orangtua. Ia mengisahkan waktu bapaknya di PKNU, ia memilih di PKB. Begitu juga ketika Bapaknya jadi Ketua DPD Partai NasDem Jember,  Deni tetap kader PKB.

"Saya pindah partai karena dorongan para kiai yang menginginkan saya menjadi wakil Jember di DPRD Provinsi. Sementara slot caleg PKB untuk provinsi sudah penuh. Disitu lah saya putuskan memilih NasDem sebagai kendaraan politik menuju DPRD Jatim. Saya melihat NasDem memberi perhatian besar pada warga NU yang merupakan mayoritas di Jember dan Lumajang," pungkas sarjana ekonomi ini. (day)

COMMENTS

Nama

Aspirasi,16,BANGGAR,3,BAPERDA,10,Dapil 1,9,Dapil 10,3,Dapil 11,5,Dapil 2,4,Dapil 3,7,Dapil 4,5,Dapil 5,11,Dapil 6,17,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,Eksekutif,73,F-NasDem,8,F-PAN,1,F-PD,5,F-PDIP,7,F-PG,7,F-PKB,7,F-PKS,19,F-PPP,2,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,4,Fraksi NasDem-Hanura,4,Headline,979,Interupsi,382,Komisi A,20,Komisi B,39,Komisi C,29,Komisi D,22,Komisi E,82,Opini,29,Parlementaria,70,Pilgub,178,Pilkada,35,Profil,21,Sosialisasi,9,Video Parlemen Jatim,5,
ltr
item
Parlemen Jatim: Ini Kader Ansor di DPRD Jatim
Ini Kader Ansor di DPRD Jatim
https://1.bp.blogspot.com/-lwzgsGYpKPQ/XW_Jn_yoGhI/AAAAAAAANH0/fGXMNuNzf-EU_myu0pf60FeLYSTR2-U7ACLcBGAs/s320/IMG-20190904-WA0260.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-lwzgsGYpKPQ/XW_Jn_yoGhI/AAAAAAAANH0/fGXMNuNzf-EU_myu0pf60FeLYSTR2-U7ACLcBGAs/s72-c/IMG-20190904-WA0260.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2019/09/ini-kader-ansor-di-dprd-jatim.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2019/09/ini-kader-ansor-di-dprd-jatim.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy