Webinar Dengan Dinas Pendidikan Jatim, Perempuan Tani HKTI Jatim Tunjukkan Komitmen Menumbuhkembangkan Spirit Agraris Kaum Millenial

caption : Dian Novita Susanto, Ketua Umum PTHKTI ketika memberikan sambutan. foto : istimewa. SURABAYA-Dewan  Pimpinan Provinsi (DPP) P...

caption : Dian Novita Susanto, Ketua Umum PTHKTI ketika memberikan sambutan. foto : istimewa.

SURABAYA-Dewan  Pimpinan Provinsi (DPP) Perempuan Tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (PT HKTI) Jawa Timur peduli pada pengembangan agraris di Jatim. Mengingat, Jawa Timur berpredikat sebagai lumbung pangan nasional.

Karena itu spirit agraris pada kaum millenial haris ditumbuhkembangkan agar predikat Jatim sebagai Lumbung pangan nasional tetap bisa berlanjut. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Dr. Ir. Wahid Wahyudi, MT:

"Tema webinar 'menumbuhkembangkan spirit agraris kaum millenial' memiliki nilai yang sangat urgent, mengingat Jatim memiliki potensi untuk menjadi provinsi agro industri yang sekaligus provinsi penyumbang pangan nasional yang dominan. Saya sendiri hari ini berhalangan sehingga webinar diwakilkan oleh sekretaris Dindik Jatim", ujarnya di sela-sela kegiatan mendampingi Ibu Gubernur Khofifah Indar Parawansa mengunjungi Ponorogo dan Madiun.

Perempuan Tani menilai perlunya ada intervensi dari Dinas Pendidikan Jatim untuk memperkenalkan dan membangun spirit agraris di kalangan millenial.

"Potensi agraris Indonesia, termasuk Jatim luar biasa. Ada 38.000 jenis tumbuhan yang bisa diproduksi untuk makanan, pakaian maupun obat-obatan. Karena itu harus ada regenerasi yang di masa depan melanjutkan pertanian di tanah air, " tutur Ketua PT HKTI Jatim,  Lia Istifhama dalam website seminar daring (Webinar) dengan tema Menumbuh Kembangkan Spirit Agraris Kaum Millenial, Jumat (10/7/2020).

Lia melanjutkan, dunia pertanian ke depan harus bersinergis dengan teknologi. Mengingat situasi pun terus berubah dan berkembang. Contohnya, lahan pertanian yang semakin berkurang karena dipakai untuk memenuhi kebutuhan perumahan dan industri.

"Ke depan pertanian akan memaksimalkan lahan yang seminim-minimnya untuk mendapatkan hasil yang semaksimal mungkin seperti hidroponik. Tentu hal itu ditunjang dengan metode pertanian non konvensional," imbuh perempuan yang akrab disapa Ning Lia tersebut.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Jatim, Dr. Ramliyanto, SP,  MP mengungkapkan perlu menanamkan motivasi kepada generasi millenial kalau jadi petani itu keren. Karena itu pertanian harus diperkenalkan sejak dini, baik oleh orangtua maupun sekolah.

Ia mencontohkan, sekolah bisa melaksanakan kunjungan siswa ke tempat pengembangan pertanian. Kebetulan di Jawa Timur ada Lab Pertanian di Sidoarjo, Jatim juga punya Pasar Modern sekaligus pengembangan produk pertanian, Puspa Agro.

"Di beberapa daerah bahkan ada pelajaran berbasis pertanian yang masuk dalam muatan lokal. Tapi yang terpenting motivasinya harus dibangun kepada siswa kalau petani itu keren dan bertani menyenangkan," imbuh Ramli.

Acar webinar tersebut diapresiasi oleh Ketua Umum DPN (Dewan Pimpinan Nasional) PTHKTI, Dian Novita Susanto, yang hadir memberikan sambutan.

"Webinar seperti ini merupakan momentum menguatkan komitmen spirit agraris, mengingat Indonesia merupakan negara yang kaya akan potensi agraris. Bahkan, PDB (Produk Domestik Bruto), 20 % dari sektor pertanian. Dan hampir 50% sektor ini menyerap tenaga kerja. Jadi harus terus kita kuatkan spirit mengembangkan pertanian. Kalau bicara kalangan millenial, maka tagline 'petani itu keren' harus semakin kita dengungkan", ujarnya.

Webinar PT HKTI Jatim ini dipandu oleh aktivis sosial, Mahathir Mohammad. Pesertanya tak hanya kader Perempuan Tani HKTI Jatim, ada juga guru, pelajar, mahasiswa hingga ibu rumah tangga. Kegiatan ini didukung oleh Harian Bangsa, Berita Lima serta disiarkan melalui channel youtube Parle TV. (day)

COMMENTS

Nama

Aspirasi,16,BANGGAR,3,BAPERDA,10,Dapil 1,9,Dapil 10,3,Dapil 11,5,Dapil 2,4,Dapil 3,7,Dapil 4,5,Dapil 5,11,Dapil 6,17,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,Eksekutif,77,F-NasDem,8,F-PAN,1,F-PD,5,F-PDIP,8,F-PG,7,F-PKB,8,F-PKS,19,F-PPP,2,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,4,Fraksi NasDem-Hanura,4,Headline,991,Interupsi,383,Komisi A,20,Komisi B,39,Komisi C,29,Komisi D,23,Komisi E,82,Opini,29,Parlementaria,72,Pilgub,178,Pilkada,37,Profil,21,Sosialisasi,10,Video Parlemen Jatim,5,
ltr
item
Parlemen Jatim: Webinar Dengan Dinas Pendidikan Jatim, Perempuan Tani HKTI Jatim Tunjukkan Komitmen Menumbuhkembangkan Spirit Agraris Kaum Millenial
Webinar Dengan Dinas Pendidikan Jatim, Perempuan Tani HKTI Jatim Tunjukkan Komitmen Menumbuhkembangkan Spirit Agraris Kaum Millenial
https://1.bp.blogspot.com/-NiW09Pt163U/Xwmfd6ddW8I/AAAAAAAAPXc/E6R2NyynUoMGv8RZw5OZhabQJi-dYbZzwCLcBGAsYHQ/s320/IMG-20200711-WA0182.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-NiW09Pt163U/Xwmfd6ddW8I/AAAAAAAAPXc/E6R2NyynUoMGv8RZw5OZhabQJi-dYbZzwCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200711-WA0182.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2020/07/webinar-dengan-dinas-pendidikan-jatim.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2020/07/webinar-dengan-dinas-pendidikan-jatim.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy