Gubernur Khofifah Berhasil Optimalkan Pengelolaan Zakat Secara Produktif

Parlemen Jatim - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa terus berkomitmen untuk mengoptimalkan penerimaan dan penyaluran zakat bersama...


Parlemen Jatim - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa terus berkomitmen untuk mengoptimalkan penerimaan dan penyaluran zakat bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jatim. Berbagai program pun diluncurkan untuk memberikan manfaat langsung kepada para penerima zakat. 

Atas komitmen yang kuat tersebut, Gubernur Khofifah mendapatkan penghargaan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Republik Indonesia. Penghargaan tersebut diterima Asisten Administrasi Umum Setdaprov Jatim, Akhmad Jazuli mewakili Gubernur Khofifah pada ajang Penganugerahan Baznas Award 2023 yang diselenggarakan di Puri Agung, Hotel Sahid Jakarta, Selasa (21/3/2023).

Penghargaan tersebut berupa sertifikat pada Kategori Gubernur Pendukung Utama Pengelolaan Zakat dari Ketua Baznas RI Prof. Noor Achmad.

Atas penghargaan yang diterimanya, Gubernur Khofifah menyampaikan rasa terima kasih kepada Baznas RI. Penghargaan yang diterima itu, tak lepas dari komitmen banyak pihak dan stakeholder di Jatim yang memberikan kepercayaan kepada Baznas untuk mengelola zakat dan menyalurkannya kepada masyarakat yang membutuhkan. 

"Kami bersama Baznas Jatim terus berkomitmen mengoptimalkan dan menyalurkan  zakat produktif bagi pelaku usaha ultra mikro mustahik (orang yang berhak), baik bagi masyarakat kurang mampu, miskin maupun anak yatim," ujarnya di Gedung Negara Grahadi, Kamis  (23/3/2023).

Khofifah menegaskan, tujuan dari pengelolaan zakat diharapkan bisa  meningkatkan kesejahteraan bagi penerima zakat. Sehingga, zakat tersebut dapat menjadi semakin produktif. Hal tersebut yang telah dilakukan Pemprov Jatim bersama Baznas Jatim melalui program zakat produktif bagi pelaku usaha ultra mikro.

“Harapannya, mereka yang sebelumnya sebagai penerima zakat (mustahik) ke depan berubah menjadi orang yang wajib mengeluarkan zakat (muzakki)," imbuhnya.

Tokoh Nahdliyin Inspiratif 2022 versi Forkom Jurnalis Nahdliyin ini mengatakan, diberbagai banyak titik zakat produktif yang dilakukan di Jatim telah disalurkan kepada Mustahik dalam bentuk bantuan produktif hingga program program yang akan memberikan penguatan bagi penurunan kemiskinan di Jawa Timur. 

Penyaluran zakat produktif di Jatim diberikan berupa bantuan zakat produktif sebesar Rp 500 ribu yang diperuntukkan bagi pelaku usaha ultra mikro sebagai bantalan ekonomi. 

"Meskipun jumlahnya tidak terlalu besar, insyaallah bantuan zakat produktif yang diberikan bisa dimanfaatkan sebaik mungkin dan membebaskan pedagang dari jeratan rentenir," tegasnya. 

Menurutnya banyak para pelaku usaha ultra mikro yang tidak bisa mengakses permodalan kepada lembaga perbankan sehingga banyak dari mereka yang potensi terjerat hutang kepada para rentenir rentenir. 

"Pelaku usaha ultra mikro seringkali tidak bisa mengakses lembaga perbankan. Untuk itu, kita berkeliling ke berbagai kabupaten/kota untuk menyisir pelaku usaha ultra mikro ini melalui zakat produktif," imbuhnya.  

Zakat Produktif di Jatim, juga hadir bagi masyarakat yang tertimpa musibah bencana alam yang banyak terjadi di daerah Jawa Timur. Selain itu, Zakat Produktif juga hadir membagikan bantuan usaha kepada ultra mikro bagi pedagang kecil di wilayah pesisir Jatim. 

Melalui Zakat Produktif yang disalurkan, Gubernur Khofifah berharap dapat memperkecil angka stunting yang mejadi komitmen bersama untuk menurunkan angka stunting di Indonesia dan Jawa Timur. 

"Banyak zakat produktif yang telah kami salurkan kepada masyarakat, salah satunya untuk mencegah stunting mulai dari pemberian tambahan gizi untuk ibu hamil hingga bantuan khusus bagi balita yang terindikasi mengalami stunting," terangnya. 

Mantan Menteri Sosial itu juga berkomitmen, bahwa penyaluran Zakat Produktif bisa membantu masyarakat untuk mendapatkan beasiswa di Jatim lewat satu keluarga satu sarjana (SKSS). 

"Ini adalah harapan baru bagi yang tadinya tidak berpengharapan, misalnya tidak bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, kemudian mereka bisa mendapatkan beasiswa karena target satu keluarga satu sarjana. Semoga seluruh ikhtiar ini bisa memutus mata rantai kemiskinan di keluarga masing-masing sekaligus meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM) di Jawa Timur," pungkasnya. (day)

COMMENTS

Nama

Aspirasi,37,BANGGAR,8,BAPERDA,15,Dap,1,Dapil 1,17,Dapil 10,3,Dapil 11,6,Dapil 2,4,Dapil 3,8,Dapil 4,6,Dapil 5,14,Dapil 6,18,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,Dapil14,1,Eksekutif,214,F-NasDem,16,F-PAN,1,F-PD,9,F-PDIP,11,F-PG,7,F-PKB,24,F-PKS,24,F-PPP,3,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,61,Fraksi NasDem-Hanura,4,Headline,1606,Interupsi,667,Komisi A,22,Komisi B,40,Komisi C,31,Komisi D,24,Komisi E,85,Nasional,2,Opini,32,Parlementaria,109,Pilgub,182,Pilkada,47,Pilpres,7,pks,1,Profil,21,Reses,13,Sosialisasi,22,Video Parlemen Jatim,5,
ltr
item
Parlemen Jatim: Gubernur Khofifah Berhasil Optimalkan Pengelolaan Zakat Secara Produktif
Gubernur Khofifah Berhasil Optimalkan Pengelolaan Zakat Secara Produktif
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg0ApH1AJM2rfhIUnbWzD6eCPw7iDO3a_VlYHzhzV04RMmgJQYilRxjw_Gfh_wmn_zC3SYCz3Jcmy83ng_KPO3uD4Dp6TYVQWHCosJkAHprZWjq_IV_D0IQq0VGgwfQiPG_NaFJ1RJFtrrz0fcPm6EfNJjLwJMqCcVLG7sDx4QIErs-PSWa8o_OmKkc/s320/IMG-20230323-WA0156.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg0ApH1AJM2rfhIUnbWzD6eCPw7iDO3a_VlYHzhzV04RMmgJQYilRxjw_Gfh_wmn_zC3SYCz3Jcmy83ng_KPO3uD4Dp6TYVQWHCosJkAHprZWjq_IV_D0IQq0VGgwfQiPG_NaFJ1RJFtrrz0fcPm6EfNJjLwJMqCcVLG7sDx4QIErs-PSWa8o_OmKkc/s72-c/IMG-20230323-WA0156.jpg
Parlemen Jatim
https://www.parlemenjatim.com/2023/03/gubernur-khofifah-berhasil-optimalkan.html
https://www.parlemenjatim.com/
https://www.parlemenjatim.com/
https://www.parlemenjatim.com/2023/03/gubernur-khofifah-berhasil-optimalkan.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy