Ketua PKS Jatim: Santri Harus Ditempatkan Di Posisi Terhormat

Parlemen Jatim - Menghargai para santri dan ulama, PKS menggelar kegiatan rutin tahunan bernama Lomba Baca Kitab Kuning (LBKK).  Hal ini dis...


Parlemen Jatim - Menghargai para santri dan ulama, PKS menggelar kegiatan rutin tahunan bernama Lomba Baca Kitab Kuning (LBKK). 

Hal ini disampaikan oleh Ketua DPW PKS Jawa Timur Irwan Setiawan saat memberikan Upacara di Semi Final LBKK 2023 yang digelar Fraksi PKS DPRD Provinsi Jawa Timur pada Jumat, 1 Desember 2023.

“Dunia pesantren, para ulama dan santri harus ditempatkan pada tempat terhormat agar dapat memberikan kontribusi besar dan menentukan perjalanan bangsa ke depan,. Untuk itulah LBKK ini digelar,” kata Irwan dalam keterangannya, Sabtu (2/12/2023).

Menurutnya, bangsa Indonesia tidak cukup dikelola oleh orang-orang pintar. Lebih dari itu membutuhkan orang-orang yang memiliki komitmen, berintegritas, beriman kuat, serta berakhlak mulia. 

“Dan itu semua banyak dikontribusikan dari kalangan pesantren, ulama, dan santri,” tegasnya.

Irwan juga mengapresiasi antusiasme para santri Jawa Timur yang jumlahnya disebut menggembirakan. 

“Saya mengapresiasi peran para santri milenial dan gen z yang telah turut berpartisipasi dalam lomba baca kitab kuning edisi ke 7 ini. Selalu saja mengembirakan jumlahnya. Antusiasnya luar biasa,” katanya. 

Peserta LBKK dari Jatim menjadi urutan peserta terbanyak kedua secara nasional setelah Jawa Barat. Dengan jumlah peserta sebanyak 231 orang santri muda milenial dan gen z sebagai peserta.

Baginya, pemuda tidak hanya dapat ditempatkan sebagai penerima manfaat dari suatu program kegiatan, tetapi juga harus terlibat sebagai pengontrol dalam proses.

“Tidak sekedar sebagai objek tapi sebagai subjek. Tentunya santri dan santriwati bagian tidak terpisahkan di dalamnya. Termasuk para peserta LBKK VII ini,” kata Kang Irwan.

Dalam setiap kehidupan masyarakat, ia menambahkan, pemuda menjadi kekuatan yang diharapkan dapat membuat kehidupan masyarakat menjadi lebih baik. 

“Jika kaum mudanya sudah memaksimalkan potensi diri masing-masing, maka bisa dipastikan masa depan masyarakatnya akan berubah menjadi lebih baik,” kata caleg DPRD Provinsi dari dapil Situbondo, Bondowoso dan Banyuwangi ini. 

Kekuatan pemuda, menurutnya, adalah kekayaan bersama bangsa bagi seluruh dunia. Baginya, wajah anak muda adalah wajah masa lalu, masa kini dan masa depan kita. Tidak ada segmen dalam masyarakat yang dapat menandingi kekuatan, idealisme, semangat dan keberanian kaum muda

Irwan juga menyebut bahwa lomba baca kitab kuning ini diselenggarakan sebagai bentuk kecintaan kepada khasanah keilmuan Islam dan kecintaan pada ulama. 

Selain itu, Irwan menyebut kegiatan LBKK ini digelar juga sebagai upaya menjaga aqidah ahlussunah wal jama'ah, dan menjaga NKRI berdasarkan Pancasila.

Riyadh Rosyadi anggota Fraksi PKS DPRD Jatim saat membuka kegiatan Semi Final LBKK ini menambahkan bahwa kegiatan ini diharapkan mempunyai kontribusi positif untuk menyelesaikan permasalahan bangsa.

“Dengan terselenggaranya kegiatan ini, semoga Allah naikkan derajat, bukan hanya partai ini yang rutin menyelenggarakan, tapi juga untuk bangsa Indonesia,” katanya. 

Pria yang kerap dipanggil Rosyad itu kemudian menyitir surat Al Mujadilah ayat ke 11 yang menyebutkan bahwa Allah subhanahu wa ta'ala akan mengangkat derajat orang yang beriman dan berilmu beberapa derajat. 

“Jika sudah ditinggikan, semua urusan akan dimudahkan Allah. Tidak hanya untuk PKS dan para peserta, namun juga bangsa ini. Semoga kesulitan-kesulitan bangsa ini dimudahkan Allah, karena derajat yang ditinggikan,” harap Rosyad.

“Semoga jadi salah satu investasi terbaik melalui partai ini untuk bangsa dan negara yang kita cintai,” katanya. 

Semi Final LBKK Jatim ini dimenangkan oleh Alfoun Fajar Mubarak, santri Pondok Pesantren Raudhatul Muta'allimin al Aziziyah 1 Bangkalan. 

Menurut Ketua Panitia Muhammad Aziz, Alfoun mengalahkan 15 peserta yang merupakan pemenang LBKK dari masing-masing 5 zona di Jawa Timur.  

Ia menjelaskan, zona A berasal dari Probolinggo, Situbindo, Lumajang, Jember, Banyuwangi, Zona B dari Malang Raya, Kota dan Kabupaten Pasuruan, Blitar, dan Kediri. Zona C berasal dari Jombang, Madiun, Nganjuk, Ngawi, Magetan, Pacitan, Tulungagung, Trenggalek.

Sementara Zona D berasal dari Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, dan Zona E dari Bangkalan, Sampang Pamekasan dan Sumenep. (day)


Keterangan : Ketua DPW PKS Jatim, Irwan Setiawan hadir pada Semi Final LBKK 2023 yang digelar Fraksi PKS DPRD Provinsi Jawa Timur. foto : istimewa.

COMMENTS

Nama

Aspirasi,37,BANGGAR,8,BAPERDA,15,Dap,1,Dapil 1,17,Dapil 10,3,Dapil 11,6,Dapil 2,4,Dapil 3,8,Dapil 4,6,Dapil 5,14,Dapil 6,18,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,Dapil14,2,Eksekutif,214,F-NasDem,16,F-PAN,1,F-PD,9,F-PDIP,11,F-PG,7,F-PKB,24,F-PKS,24,F-PPP,3,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,61,Fraksi NasDem-Hanura,4,Headline,1644,Interupsi,684,Komisi A,22,Komisi B,40,Komisi C,31,Komisi D,24,Komisi E,85,Nasional,2,Opini,32,Parlementaria,109,Pilgub,189,Pilkada,61,Pilpres,7,pks,1,Profil,21,Reses,13,Sosialisasi,22,Video Parlemen Jatim,5,
ltr
item
Parlemen Jatim: Ketua PKS Jatim: Santri Harus Ditempatkan Di Posisi Terhormat
Ketua PKS Jatim: Santri Harus Ditempatkan Di Posisi Terhormat
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg7MU2yKwvg59Sw5G9qHCqoHOPnLK7ssJsuNL_LqCRW8bD5wrzb_4p92OvpBFEEKsetKLsa_x7g2CHpreXbPVaaiktjUYGIiFQtJRA85X_52SJZEECic4LuZxr_BXAUM0QAAqF6UYOlljvs0cHmhwnccKQPciAkbbDtUAOWurIqQMmFvsaJdiFZTtHj9AA/s320/IMG-20231202-WA0103.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg7MU2yKwvg59Sw5G9qHCqoHOPnLK7ssJsuNL_LqCRW8bD5wrzb_4p92OvpBFEEKsetKLsa_x7g2CHpreXbPVaaiktjUYGIiFQtJRA85X_52SJZEECic4LuZxr_BXAUM0QAAqF6UYOlljvs0cHmhwnccKQPciAkbbDtUAOWurIqQMmFvsaJdiFZTtHj9AA/s72-c/IMG-20231202-WA0103.jpg
Parlemen Jatim
https://www.parlemenjatim.com/2023/12/ketua-pks-jatim-santri-harus.html
https://www.parlemenjatim.com/
https://www.parlemenjatim.com/
https://www.parlemenjatim.com/2023/12/ketua-pks-jatim-santri-harus.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy