Dewan Dukung Program Jawa Timur Bebas Pasung Tahun 2017

Moch Eksan PARLEMEN JATIM-Pemprov Jawa Timur mencanangkan program Jatim Bebas Pasung di Tahun 2017. Program itu dicanangkan pemprov k...


Moch Eksan
PARLEMEN JATIM-Pemprov Jawa Timur mencanangkan program Jatim Bebas Pasung di Tahun 2017. Program itu dicanangkan pemprov karena tingginya angka pasung di Jatim yang mencapai 2276 jiwa atau tertinggi secara nasional. Tekad pemprov membebaskan Jawa Timur dari pasung mendapat dukungan dari DPRD Jatim.

Mochamad Eksan, anggota Komisi E DPRD Jatim mengungkapkan, program Jatim bebas pasung itu program kemanusiaan berbasis sosial yang harus didukung boleh semua pihak. Baik itu pemprov, pemkab maupun instansi teknis terkait. Apalagi praktis tinggal 9 bulan waktu yang tersisa untuk memenuhi target tahun 2017 Jatim bebas pasung.

“Dewan sudah pasti mendukung program Jatim bebas pasung di tahun 2017, terbukti kami meloloskan anggaran untuk program tersebut,” tegas Eksan.

Anggota NasDem-Hanura ini mengungkapkan, korban pasung umumnya adalah penderita gangguan jiwa. Karena itu pemprov harus melakukan langkah-langkah kuratif untuk menanggulangi penderita gangguan jiwa. Untuk tujuan itu, pemprov sangat mampu karena punya infrastruktur yang memadai seperti RS Jiwa Menur dan RS Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat di Lawang, Malang.

“Saya sudah lihat sendiri, RSJ di Lawang itu punya fasilitas dan tenaga medis yang lengkap. Ditambah dengan fasilitas yang dimiliki RSJ Menur sudah cukup menangani seluruh penderita gangguan jiwa di Jatim hingga sembuh. Sekarang tinggal biaya yang dialokasikan mencukupi atau tidak,” tandas Wakil Sekretaris PCNU Jember ini.

Ketua Bidang Agama dan Masyarakat Adat DPW Partai NasDem Jatim ini menyarankan pemprov bisa menggandeng sejumlah pondok pesantren yang ada di Jatim yang memiliki kemampuan untuk menyembuhkan penderita gannguan jiwa. Ia mencontohkan Pondok Pesantren Metal di Pasuruan dan Pondok Pesantren Al Ghofur di Bondowoso.

“Terapi spiritual berupa zikir dan amalan yang diberikan di pondok pesantren mampu untuk menyembuhkan masalah gangguan jiwa. Saya kira pemprov bisa menggandeng pihak pondok pesantren untuk menanggulangi penderita gangguan jiwa,” ujar pengasuh Pondok Pesantren Nurul Islam II Jember tersebut.

Eksan menambahkan, yang tak kalah penting adalah melakukan langkah sosialisasi dan edukasi kepada keluarga penderita gangguan jiwa. Sebab, keluarga umumnya malu bila anggota keluarga mereka yang menderita gangguan jiwa diketahui tetangga atau masyarakat karena dianggap aib. Alasan itulah yang akhirnya menyebabkan keluarga melakukan pemasungan.

“Langkah edukasi harus dilakukan agar keluarga tidak lagi memasung anggota keluarganya yang menderita gangguan jiwa. Justru keluarga harus pro aktif membawa penderita gangguan jiwa ke RS Jiwa sehingga proses penyembuhan bisa lebih maksimal,” pungkas Alumni HMI ini.



COMMENTS

Nama

Aspirasi,9,BANGGAR,3,BAPERDA,9,Dapil 1,9,Dapil 10,3,Dapil 11,5,Dapil 2,4,Dapil 3,6,Dapil 4,5,Dapil 5,8,Dapil 6,13,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,F-PAN,1,F-PD,3,F-PDIP,3,F-PG,1,F-PKB,4,F-PKS,17,F-PPP,2,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,2,Fraksi NasDem-Hanura,3,Headline,629,Interupsi,241,Komisi A,18,Komisi B,31,Komisi C,26,Komisi D,19,Komisi E,71,Opini,20,Parlementaria,49,Pilgub,178,Profil,13,Video Parlemen Jatim,3,
ltr
item
Parlemen Jatim: Dewan Dukung Program Jawa Timur Bebas Pasung Tahun 2017
Dewan Dukung Program Jawa Timur Bebas Pasung Tahun 2017
https://4.bp.blogspot.com/-YwC94vOmyNk/WK7d1DCZ7_I/AAAAAAAAARA/dklgb206_n8EPkV5UNSFfQrJwiPCIAthgCLcB/s1600/moch_eksan.JPG
https://4.bp.blogspot.com/-YwC94vOmyNk/WK7d1DCZ7_I/AAAAAAAAARA/dklgb206_n8EPkV5UNSFfQrJwiPCIAthgCLcB/s72-c/moch_eksan.JPG
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2017/02/dewan-dukung-program-jawa-timur-bebas.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2017/02/dewan-dukung-program-jawa-timur-bebas.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy