Mufa : Sudah Saatnya Kabupaten Jember Dimekarkan

Muhammad Fawait, SE, M.Sc PARLEMEN JATIM-Ketertinggalan Kabupaten Jember dari wilayah lain di Jawa Timur mendapat perhatian dari anggot...

Muhammad Fawait, SE, M.Sc
PARLEMEN JATIM-Ketertinggalan Kabupaten Jember dari wilayah lain di Jawa Timur mendapat perhatian dari anggota DPRD Jawa Timur, Muhammad Fawait. Anggota parlemen asal daerah pemilihan Jatim IV yang meliputi Kabupaten Jember dan Lumajang ini menilai Jember temasuk wilayah yang pertumbuhan ekonomi dan pendapatannya rendah. Hal itu ironi mengingat Kabipaten Jember memiliki sumberdaya alama (SDA) yang melimpah.

Karena alasan itu, politisi yang akrab disapa Mufa itu mendorong adanya pemekaran atau pemisahan wilayah Kabupaten Jember menjadi dua wilayah. Opsinya bisa pemisahan wilayah Barat dengan Timur, atau membentuk wilayah kota Jember yang terpisah dengan Kabupaten. Dengan demikian, pembangunan bisa lebih merata dan akses menuju Jember bisa lebih terbuka.

“Kabupaten jember jelas tertinggal, bahkan dibandingkan dengan Banyuwangi yang merupakan Kabupaten tetangga. Karena itu, untuk mempercepat pembangunan dan pemerataan kesejahteraan, saya mendorong Kabupaten jember dimekarkan,” tegas politisi muda Partai Gerindra ini, Rabu (24/5).

Alumni magister Universita Gajah Mada (UGM) Jogjakarta ini memaparkan, dirinya bahkan pernah melakukan penelitian terkait Kabupaten Jember. Dari hasil penelitiannya, dapat disimpulkan ada dua opsi yang bisa membuka keterisolir Jember dari dunia luar, yaitu pembangunan infrastruktur dan pemekaran wilayah.

Sayangnya, pembangunan infrastruktur skala besar di Jember sulit diralisasikan dalam waktu dekat. Terlebih tol yang semula direncanakan lewat Jember ternyata urung. Justru tol itu melewat Kabupaten Situbondo dan Bondowoso. Demikian pula dengan jalur lintas selatan (JLS) yang sampai seat ini belum jelas kelanjutannya.

“Saya pernah mengundang seorang dosen untuk menjadi pembicara di Jember, beliau enggan datang karena lamanya perjalanan darat menuju Jember. Seorang dosen saja enggan datang, bagaiman investor,” sindir Presidium KAHMI Kabupaten Jember tersebut.

Wakil Ketua DPD Partai Gerindra bidang Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan (OKK) ini mengungkapkan, secara historis wacana pemekaran wilayah Kabupaten Jember sangat kuat. Karena sejak dulu wilayah Jember terbagi dua wilayah, contohnya Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama di Jember ada dua, PCNU Jember dan PCNU Kencong. Selain itu, kode nomor telpon di Jember juga ada dua yaitu 0331 dan 0336.

“Saya kira disadari atau tidak, Jember sejatinya sudah terbagi dua, baik cabang NU maupun nomor telepon. Sekarang tinggal mendorong realisasi secara pemerintahan,” imbuh Mufa.

COMMENTS

Nama

Aspirasi,9,BANGGAR,3,BAPERDA,9,Dapil 1,9,Dapil 10,3,Dapil 11,5,Dapil 2,4,Dapil 3,6,Dapil 4,5,Dapil 5,8,Dapil 6,15,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,F-PAN,1,F-PD,3,F-PDIP,3,F-PG,1,F-PKB,4,F-PKS,17,F-PPP,2,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,2,Fraksi NasDem-Hanura,3,Headline,642,Interupsi,251,Komisi A,18,Komisi B,31,Komisi C,27,Komisi D,19,Komisi E,72,Opini,21,Parlementaria,50,Pilgub,178,Profil,14,Video Parlemen Jatim,4,
ltr
item
Parlemen Jatim: Mufa : Sudah Saatnya Kabupaten Jember Dimekarkan
Mufa : Sudah Saatnya Kabupaten Jember Dimekarkan
https://1.bp.blogspot.com/-QYjoI5VT0eg/WSWpGmtd-pI/AAAAAAAAA3o/unAvcAjlmqIJ9AQuxcmOmgAzVRDD2r00ACLcB/s320/mufa.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-QYjoI5VT0eg/WSWpGmtd-pI/AAAAAAAAA3o/unAvcAjlmqIJ9AQuxcmOmgAzVRDD2r00ACLcB/s72-c/mufa.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2017/05/mufa-sudah-saatnya-kabupaten-jember.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2017/05/mufa-sudah-saatnya-kabupaten-jember.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy