Jaksa KPK Beber Bukti Setoran 9 SKPD Pemprov Jatim ke Basuki Cs

PARLEMEN JATIM-Dalam sidang lanjutan dengan terdakwa mantan Kepala dinas Peternakan, Rohayati dan mantan Kepala Dinas Pertanian, Bambang ...

PARLEMEN JATIM-Dalam sidang lanjutan dengan terdakwa mantan Kepala dinas Peternakan, Rohayati dan mantan Kepala Dinas Pertanian, Bambang Heryanto di pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Surabaya pada Senin (18/9), jaksa penuntut dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)  menunjukkan tulisan  tangan yang disita dari mantan ketua komisi B DPRD Jawa Timur Moch Basuki. 

Dalam catatan itu disebutkan ada komitmen setoran sebesar Rp 3,07 miliar dari  10 SKPD Pemprov Jatim, kepada komisi B DPRD Jatim, selama tahun 2017. Catatan itu disalin Basuki dari mantan ketua komisi B DPRD Jatim Ka'bil Mubarok.

“Apa betul pak Basuki,” tanya jaksa KPK.

Dari kesepakatan sebesar Rp 3,07 miliar tersebut, sudah terealisasi sebesar Rp 485 juta. Dalam Catatan Basuki, uang itu diterima dari dari Dinas Perkebunan Rp 40 juta, Dinas Peternakan Rp 40 juta, Dinas Perikanan dan kelautan Rp 150 juta, Dinas Pertanian Rp 80 juta, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Rp 50 juta, Dinas Kehutanan Rp 30 juta, Dinas Koperasi 50, Disbudpar 20 dan Biro ekonomi 25 juta. Hanya Biro Sumber Daya Alam (SDA) yang tidak dimintai setoran karena alasan anggarannya terlalu kecil, hanya sekitar Rp3 Miliar.

Jaksa menyebut, uang tersebut diberikan terkait dengan fungsi kontrol anggota legislatif agar tidak mempersulit evaluasi program-program dan pembahasan APBD tahun 2017.

“Iya memang benar saya catat ini dari saudara Ka'bil,” kata Basuki membenarkan.

Sementara itu, jaksa KPK Ati Novianti memastikan akan memperdalam pengakuan Basuki terkait setoran dari SKPD Pemprov Jatim itu. Dia menandaskan, informasi itu akan disampaikan kepada penyidik agar kasus itu bisa dikembangkan.

“Bisa jadi akan diperdalam dalam perkara pak Basuki dan ka'bil,” katanya usai persidangan.

Namun demikian, Ka'bil menolak disebut sebagai penerima suap. Kabil mengaku, selama ini memang dia pernah berkomunikasi dengan SKPD-SKPD yang bermitra. Namun, komunikasi tersebut terkait aspirasi-aspirasi program yang akan dijalankan.

"Saya bertugas untuk mengawal usulan program dari kelompok masyarakat di masing-masing dinas. Itu yang saya kawal mulai pengusulan. Tidak pernah bertemu membahas kebijakan triwulanan (komitmen) itu," ucap Ka'bil.

Sekadar diketahui, KPK memanggil tujuh orang untuk menjadi saksi dalam sidang kasus dugaan suap komisi B DPRD Jatim. Mereka adalah mantan ketua komisi B DPRD Jatim Moch Basuki, Santoso, Rahman Agung, mantan pimpinan Komisi B yang dipindahkan ke komisi E DPRD Jatim, Ka'bil Mubarok, serta tiga anggota komisi B DPRD Jatim yang masih aktif, Pranaya Yudha Mahardhika,  Ninik Sulistiyaningsih‎ dan Anik Maslachah (pimpinan Komisi B pengganti Ka'bil Mubarok).

Sebelumnya, KPK menyita uang Rp 150 Juta dari hasil Operasi Tangkap Tangan (OTT) pada Senin (5/6). Uang Rp 150 Juta tersebut didapat dari ruang pimpinan Komisi B saat KPK melakukan operasi senyap. Uang suap Rp 150 Juta yang diamankan diduga bagian dari pembayaran komitmen triwulanan kedua dari SKPD yang bermitra dengan komisi B DPRD Jatim.

COMMENTS

Nama

Aspirasi,8,BANGGAR,2,BAPERDA,6,Dapil 1,9,Dapil 10,3,Dapil 11,5,Dapil 2,3,Dapil 3,6,Dapil 4,5,Dapil 5,6,Dapil 6,13,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,F-PAN,1,F-PD,3,F-PDIP,2,F-PG,1,F-PKB,4,F-PKS,13,F-PPP,2,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,2,Fraksi NasDem-Hanura,2,Headline,528,Interupsi,190,Komisi A,17,Komisi B,26,Komisi C,21,Komisi D,16,Komisi E,65,Opini,19,Parlementaria,41,Pilgub,169,Profil,12,Video Parlemen Jatim,1,
ltr
item
Parlemen Jatim: Jaksa KPK Beber Bukti Setoran 9 SKPD Pemprov Jatim ke Basuki Cs
Jaksa KPK Beber Bukti Setoran 9 SKPD Pemprov Jatim ke Basuki Cs
https://4.bp.blogspot.com/-qGq65RyBQp4/WcPhbzfb7HI/AAAAAAAABfU/ankCfo8tGs8LEgEynETrjVblUSbgFDsygCLcBGAs/s320/sidang_basuki.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-qGq65RyBQp4/WcPhbzfb7HI/AAAAAAAABfU/ankCfo8tGs8LEgEynETrjVblUSbgFDsygCLcBGAs/s72-c/sidang_basuki.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2017/09/jaksa-kpk-beber-bukti-setoran-9-skpd.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2017/09/jaksa-kpk-beber-bukti-setoran-9-skpd.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy