PDIP Serahkan Posisi Ketua Tim Pemenangan ke PKB

PARLEMEN JATIM-PDI Perjuangan (PDIP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mulai melakukan konsolidasi pasca penetapan Saifullah Yusuf-Abdu...

PARLEMEN JATIM-PDI Perjuangan (PDIP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mulai melakukan konsolidasi pasca penetapan Saifullah Yusuf-Abdullah Azwar Anas sebagai pasangan calon Cagub dan Cawagub Jawa Timur pada Pilgub 2018. Dalam rapat perdana tim pemenangan itu, seluruh elit dari kedua partai tampak hadir.

Diantaranya Ketua DPW PKB Jatim, Abdul Halim Iskandar, Sekretaris DPW PKB, Baddrut Tamam, Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) PKB Jatim, Thoriqul Haq. Sedangkan dari pihak PDIP ada Ketua DPD PDIP Jatim, Kusnadi, Sekretaris DPD PDIP, Sri Untari Bisowarno, beserta fungsionaris DPD PDIP Jatim lainnya.

Ketua DPD PDIP Jatim, Kusnadi mengungkapkan pertemuan itu dilakukan untuk menyatukan langkah dan visi pemenangan. Pasalnya kedua partai punya kelebihan yang bisa saling melengkapi, karena itu harus disinergiskan‎. Terkait. Ketua Tim Pemenangan, PDIP mengikhlaskan posisi itu kepada PKB. Hal itu sesuai fatsoen politik, mengingat PKB adalah partai terbesar. Karena itu sudah selayaknya tim pemenangan dari PKB.

"Meskipun PKB dan PDIP hanya beda satu kursi, tapi harus diakui PKB adalah partai terbesar di parlemen. Sesuai fatsoen politik, kita beri penghargaan kepada PKB. Karena itu ketua tim pemenangan kita serahkan pada PKB, terserah PKB siapa yang akan ditunjuk," tegas Kusnadi, Sabtu (4/11).

Wakil Ketua DPRD Jatim ini menambahkan, meskipun posisi tim pemenangan menjadi jatah PKB. Tapi Kusnadi memastikan posisi itu tidak akan dijabat ‎oleh Abdul Halim Iskandar. Sebab, pihaknya sudah menyepakati agar Ketua Tim Pemenangan tidak dijabat oleh ketua partai. Alasannya, dengan posisi sebagai ketua partai membuat tidak leluasa ketua tim pemenangan. 

Hal itu juga berlaku untuk ketua tim pemenangan di tingkat Kabupaten dan Kota. Jabatan itu tidak boleh dijabat oleh ketua partai setempat. Pihaknya menyerahkan posisi itu kepada kader partai di luar ketua partai. Ada juga opsi akan memberikan posisi ketua tim pemenangan kepada tokoh lokal setempat yang mempunyai pengaruh di wilayah tersebut.

"Kita sudah sepakat, jabatan ketua tim pemenangan tidak akan dijabat oleh ketua partai. Baik itu tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota. Istilah Pak Halim agar kita tidak masuk dalam kurungan," imbuh Kusnadi.

Sementara itu, Abdul Halim Iskandar membeberkan, dalam rapat perdana itu, kedua pihak saling menyamakan persepsi dan konsep pemenangan. Tentunya juga sekaligus menyusun tim pemenangan yang nantinya akan diserahkan secara resmi kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur.

Ketua DPRD Jatim itu mengatakan, sejatinya koalisi antara PDIP dan PKB di Jawa Timur ini mengulang sejarah koalisi antara kedua partai pada awal era reformasi di tahun 1999. Saat itu, antara Gus Dur dan Megawati bersatu mengawal proses demokrasi pasca reformasi.


"Ini koalisi bersejarah setelah era Megawati dan Gus Dur di tahun 1999. Prinsipnya diantara PDIP dan PKB ada persamaan yang sangat prinsip. Kalau di PDIP itu pahamnya Marhaen, sedangkan di PKB itu Mustadh'afin," pungkas Pak Halim.

COMMENTS

Nama

Aspirasi,9,BANGGAR,3,BAPERDA,9,Dapil 1,9,Dapil 10,3,Dapil 11,5,Dapil 2,4,Dapil 3,7,Dapil 4,5,Dapil 5,8,Dapil 6,15,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,F-PAN,1,F-PD,3,F-PDIP,6,F-PG,4,F-PKB,4,F-PKS,18,F-PPP,2,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,2,Fraksi NasDem-Hanura,4,Headline,680,Interupsi,270,Komisi A,18,Komisi B,33,Komisi C,28,Komisi D,19,Komisi E,73,Opini,21,Parlementaria,55,Pilgub,178,Profil,16,Video Parlemen Jatim,5,
ltr
item
Parlemen Jatim: PDIP Serahkan Posisi Ketua Tim Pemenangan ke PKB
PDIP Serahkan Posisi Ketua Tim Pemenangan ke PKB
https://2.bp.blogspot.com/-PktSK80mPZk/WgRyR1aUnfI/AAAAAAAABvI/4kcBZz8JAJc2GM5cTtkT6Hn6g7D5Pf3TQCLcBGAs/s320/pdip_pkb.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-PktSK80mPZk/WgRyR1aUnfI/AAAAAAAABvI/4kcBZz8JAJc2GM5cTtkT6Hn6g7D5Pf3TQCLcBGAs/s72-c/pdip_pkb.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2017/11/pdip-serahkan-posisi-ketua-tim.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2017/11/pdip-serahkan-posisi-ketua-tim.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy