Gatot Tantra Dukung Penataan PKL

PARLEMEN JATIM-Eksistensi pedagang Kaki Lima (PKL) sudah diakui oleh pemerintah Republik Indonesia. Terbukti adanya Peraturan Presiden (...


PARLEMEN JATIM-Eksistensi pedagang Kaki Lima (PKL) sudah diakui oleh pemerintah Republik Indonesia. Terbukti adanya Peraturan Presiden (Perpres) No. 125 Tahun 2012 tentang koordinasi penataan dan pemberdayaan pedagang kaki lima. Perpres itu dikeluarkan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan berlaku efektif sejak 28 Desember 2012.

Adanya perpres tersebut menjadi motivasi pedagang kaki lima untuk bisa berusaha dengan layak dan tenang. Karena itu Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (APKLI) berharap seluruh Pemerintah Provinsi mengeluarkan peraturan daerah (perda) untuk menata dan memberdayakan PKL. Terkait hal itu, Anggota DPRD Jawa Timur, Gatot Sutantra Wisnumurti mengaku siap memperjuangkan Perda PKL di Jatim.

"Saya sebagai anggota DPRD Jatim siap memperjuangkan Perda PKL. Apalagi mereka bersedia untuk diatur dan ditata. Sudah saatnya PKL diberdayakakan dan tidak lagi digusur atau diobrak," tutur politis Partai Hanura ini, Selasa (22/5).

Anggota Komisi C DPRD Jatim ini mengimbau pemerintah daerah merubah paradigma terhadap PKL. Sudah buka jamannya lagi PKL itu dianggap benalu yang harus disingkirkan karena merusak keindahan dan ketertiban kota. Karena itu tak perlu lagi ada penggusuran terhadap PKL.

Menurut Gatot, justru pemerintah daerah harus menjadikan PKL sebagai mitra dengan menata dan memberdayakan mereka. Dengan begitu keberadaan PKL bisa bernilai positif bagi pemda. Ia memberi contoh dengan membuat sentra PKL atau sentra kuliner yang menampung para PKL.

"Pemda bisa membuat sentra PKL bagi para pedagang kaki lima. Mereka bisa ditampung sesuai kategori dagangan mereka seperti sentra kuliner atau sentra mainan," ujar anggota dewan asal daerah pemilihan Surabaya dan Sidoarjo itu.

Gatot yang juga adalah Dewan Penasehat DPD APKLI Jatim ini mengungkapkan, bila pemda atau pemrov berhasil menata dan memberdayakan PKL, banyak sisi positif yang bisa didapat. Selain ketertiban dan keindahan dapat terjaga. Potensi PKL ini juga bisa mendatangkan pendapatan asli daerah (PAD). Baik dari retribusi kebersihan maupun parkir.

Selain itu, bila para PKL bisa diberdayakan secara otomatis akan mengurangi angka pengangguran dan potensi kerawanan sosial. Dari segi ekonomi juga akan membuat perekonomian tumbuh karena adanya transaksi jual-beli.

"PKL ini sudah teruji sebagai pelaku ekonomi yang tangguh. Saat krisis moneter hampir semua pelaku usaha besar bangkrut tapi PKL tetap eksis. Padahal PKL tidak mendapatkan bantuan modal dari pemerintah seperti pelaku usaha besar. Karena itu PKL harus disupport agar menjadi kekuatan ekonomi yang mandiri," pungkas Wakil Ketua Fraksi NasDem-Hanura tersebut. (day)

COMMENTS

Nama

Aspirasi,8,BANGGAR,2,BAPERDA,6,Dapil 1,9,Dapil 10,3,Dapil 11,5,Dapil 2,3,Dapil 3,6,Dapil 4,5,Dapil 5,6,Dapil 6,13,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,F-PAN,1,F-PD,3,F-PDIP,2,F-PG,1,F-PKB,4,F-PKS,13,F-PPP,2,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,2,Fraksi NasDem-Hanura,2,Headline,528,Interupsi,190,Komisi A,17,Komisi B,26,Komisi C,21,Komisi D,16,Komisi E,65,Opini,19,Parlementaria,41,Pilgub,169,Profil,12,Video Parlemen Jatim,1,
ltr
item
Parlemen Jatim: Gatot Tantra Dukung Penataan PKL
Gatot Tantra Dukung Penataan PKL
https://2.bp.blogspot.com/-LehaFg-HvSo/WwVmXjk2ftI/AAAAAAAADRk/zzGsZrcfg-4GLPeCvNsBC9eb2DNkaKuGgCLcBGAs/s320/gatot_tantra.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-LehaFg-HvSo/WwVmXjk2ftI/AAAAAAAADRk/zzGsZrcfg-4GLPeCvNsBC9eb2DNkaKuGgCLcBGAs/s72-c/gatot_tantra.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2018/05/gatot-tantra-dukung-penataan-pkl.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2018/05/gatot-tantra-dukung-penataan-pkl.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy