Eksan Kritisi Pembatasan Pelayanan BPJS Kesehatan

dprd jatim, komisi c, eksan, nasdem


PARLEMEN JATIM-Anggota Komisi E DPRD Jawa Timur, Mochamad Eksan mengkritisi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan karena melakukan pembatasan terhadap tiga pelayanan, yakni pasien katarak, persalinan dengan bayi lahir sehat serta rehabilitasi medik dan pembatasan pemberian obat tratsuzumab kepada penderita kanker payudara. 

Pembatasan oleh BPJS itu dinilai tidak senafas dengan tujuan awal sebagai asuransi berorientasi sosial yang diberikan kepada masyarakat. Baik melalui jalur bantuan iuran dan non iuran yang dilakukan anggaran oleh negara yaitu APBN maupun melalui anggaran pribadi masyarakat sendiri. 

“Adanya pembatasan ini saya kira bahwa manejemen BPJS kesehatan belum maksimal. Pasalnya keuangan negara seharusnya tinggal dikelola yang baik oleh BPJS. Tapi ini sekarang menjadi defisit dan ini menimbulkan pertanyaan besar bagi masyarakat ada apa dengan keuangan BPJS," kata Eksan, Senin (6/8).

Lebih lanjut politisi asal Nasdem ini melanjutkan, BPJS Kesehatan perlu dilakukan audit. Maka pihaknya meminta agar proses audit ini dilakukan secara terbuka. Apakah pembatasan kesehatan ini benar-benar murni karena kurangnya anggaran. 

"Saya berharap agar tidak ada main-main dengan pelayanan kesehatan. Karena pelayanan kesehatan ini merupakan sektor utama yang harus mendapatkan perhatian dari pemerintah setelah pendidikan,” tandasnya. 

Sementara itu,  Kepala Dinkes Jatim Kohar Hari Santoso mengatakan, pihaknya masih terus memantau sejauh mana dampak pengurangan fasilitas BPJS. Dirinya berharap pembatasan tidak menyebabkan gangguan.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Timur terus memantau terkait pengurangan fasilitas yang diberikan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Dinkes berharap tidak ada dampak serius.  

“Sedikit melihat situasinya bahwa operasi kasus katarak cukup tinggi. Ada 250 ribu kasus katarak baru tambahan, 180 ribu sudah kita selesaikan. Tapi masih ada sekitar 70 ribu yang masih belum tertangani. Makanya masih kami lihat sejauh mana ini berdampak,” ujar Kohar saat ditemui di DPRD Jatim.

Untuk itu, lanjutnya, pihaknya bakal berkordinasi terus kepada rumah sakit mengenai penyesuaian penerapan kebijakan baru ini. Hingga sekarang Kohar melihat masih berlangsung baik. Hanya memang diakuinya kriteria perlu dicermati, meski telah disebutkan secara khusus. Karena khusus itu memiliki arti relatif 

“Orang-orang tertentu kalau melihat kabur sedikit saja harusnya segera dioperasi. Tapi ada orang yang tidak detail pekerjaannya menggunakan mata, masih bisa dimaklumi. Jadi kami belum bahas lebih jauh,” ungkapnya. (day)

COMMENTS

Nama

Aspirasi,9,BANGGAR,3,BAPERDA,9,Dapil 1,9,Dapil 10,3,Dapil 11,5,Dapil 2,4,Dapil 3,7,Dapil 4,5,Dapil 5,8,Dapil 6,15,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,F-PAN,1,F-PD,3,F-PDIP,6,F-PG,4,F-PKB,4,F-PKS,18,F-PPP,2,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,2,Fraksi NasDem-Hanura,4,Headline,680,Interupsi,270,Komisi A,18,Komisi B,33,Komisi C,28,Komisi D,19,Komisi E,73,Opini,21,Parlementaria,55,Pilgub,178,Profil,16,Video Parlemen Jatim,5,
ltr
item
Parlemen Jatim: Eksan Kritisi Pembatasan Pelayanan BPJS Kesehatan
Eksan Kritisi Pembatasan Pelayanan BPJS Kesehatan
dprd jatim, komisi c, eksan, nasdem
https://4.bp.blogspot.com/-DZVRzuJBtEM/W2nQNxLCb6I/AAAAAAAADlM/HIb2vk8WZPE3X3V_RMd_SKRcPNz7X-9hQCLcBGAs/s320/moch-eksan.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-DZVRzuJBtEM/W2nQNxLCb6I/AAAAAAAADlM/HIb2vk8WZPE3X3V_RMd_SKRcPNz7X-9hQCLcBGAs/s72-c/moch-eksan.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2018/08/eksan-kritisi-pembatasan-pelayanan-bpjs.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2018/08/eksan-kritisi-pembatasan-pelayanan-bpjs.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy