Fraksi NasDem-Hanura Dorong Khofifah Perjuangkan Gelar Pahlawan Gus Dur

PARLEMEN JATIM-Fraksi NasDem-Hanura DPRD Jawa Timur mendorong Khofifah Indar Parawansa sebagai Gubernur Jatim terpilih untuk memperjuang...


PARLEMEN JATIM-Fraksi NasDem-Hanura DPRD Jawa Timur mendorong Khofifah Indar Parawansa sebagai Gubernur Jatim terpilih untuk memperjuangkan gelar pahlawan nasional untuk Presiden RI ke-4 KH. Abdurrahman Wahid atau biasa dispa Gus Dur. Pernyataan itu disampaikan anggota Fraksi NasDem-Hanura DPRD Jatim, Mochamad Eksan.

Eksan mengungkapkan, pemerintahan Jatim dibawah Soekarwo-Saifullah Yusuf pernah memperjuangkan gelar pahlawan nasional untuk Gus Dur. Namun sampai saat ini usulan tersebut belum disetujui oleh pemerintah pusat. Karena itu, pihaknya mendorong usulan gelar pahlawan nasional untuk Gus Dur kembali diajukan oleh Khofifah sebagai Gubernur Jatim periode 2019-2024.

"Saya kira sudah sepatutnya Ibu Khofifah selaku gubernur terpilih memperjuangkan kembali gelar pahlawan nasional untuk Gus Dur. Sebab ini bukan hanya aspirasi mayoritas warga Jatim tetapi juga aspirasi warga NU," tutur Eksan, Rabu (29/8).

Anggota Komisi E DPRD Jatim ini menambahkan, usulan memang harus dilakukan oleh Khofifah karena Gus Dur tokoh nasional yang berasal dari Jawa Timur. Sedangkan gubernur adalah representasi dari warga Jawa Timur. Karena itu, usulan ke pemerintah pusat baiknya kembali diajukan.

Eksan menilai syarat dan kriteria untuk Gus Dur mendapatkan gelar pahlawan nasional lebih dari cukup. Sebab beliau berjasa dalam menanamkan nilai-nilai toleransi, pluralisme dan perdamaian. Bahkan kiprah Gus Dur sudah diakui di dunia internasional. Karena itu tokoh humanis tersebut layak mendapat gelar pahlawan nasional.

"Kalau syarat dan kriteria, saya kira Gus Dur sangat layak mendapat gelar pahlawan nasional. Mungkin hanya soal teknis. Karena itu perlu ada kajian dan seminar lagi yang mengundang seluruh stakeholder untuk menguatkan kembali argumentasi ke pemerintah pusat," imbuh Eksan.

Wakil Sekretarus PCNU Kabupaten Jember ini mengakui, dari pihak keluarga besar almarhum Gus Dur tidak ada ambisi untuk menjadikan Gus Dur sebagai Pahlawan Nasional. Karena sejatinya Gus Dur sudah mendapatkan pengakuan sebagai Pahlawan Kemanusiaan, Tokoh Pluralisme dan Tokoh Perdamaian.

Namun aspirasi dari masyarakat Jawa Timur tidak bisa diabaikan. Masyarakat ingin ada pengakuan formal dari negara kepada cucu pendiri NU KH. Hasyim Asy'ari itu. Hal itu bukan sekedar sebuah simbol dan kebanggaan. Tetapi juga sebagai upaya untuk meneguhkan ajaran-ajaran Gus Dur. Terlebih ditengah kondisi hari ini yang sarat dengan praktek politik bernuansa Suku Agama Ras dan Antargolongan (SARA) yang berpotensi memecah belah bangsa. 

"Hari ini, bahaya radikalisme, sektarian, dan ancaman terhadap keutuhan NKRI sudah di depan mata. Karena itu, ini momentum yang tepat untuk menguatkan perlawanan dengan simbol ajaran Gus Dur. Saya yakin sebagai salah seorang santri Gus Dur, Khofifah mau memperjuangkan ini," pungkas anggota Dewan asal daerah pemilihan Jember dan Lumajang tersebut. (day)

COMMENTS

Nama

Aspirasi,9,BANGGAR,2,BAPERDA,7,Dapil 1,9,Dapil 10,3,Dapil 11,5,Dapil 2,4,Dapil 3,6,Dapil 4,5,Dapil 5,8,Dapil 6,13,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,F-PAN,1,F-PD,3,F-PDIP,3,F-PG,1,F-PKB,4,F-PKS,16,F-PPP,2,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,2,Fraksi NasDem-Hanura,3,Headline,600,Interupsi,224,Komisi A,18,Komisi B,29,Komisi C,26,Komisi D,19,Komisi E,70,Opini,19,Parlementaria,44,Pilgub,178,Profil,13,Video Parlemen Jatim,1,
ltr
item
Parlemen Jatim: Fraksi NasDem-Hanura Dorong Khofifah Perjuangkan Gelar Pahlawan Gus Dur
Fraksi NasDem-Hanura Dorong Khofifah Perjuangkan Gelar Pahlawan Gus Dur
https://3.bp.blogspot.com/-rUtpFwU4TxA/WNYeawegjII/AAAAAAAAAbU/CyKTizA3CKc271EpchkjmKWiJEcjhPOOwCPcBGAYYCw/s320/m_eksan.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-rUtpFwU4TxA/WNYeawegjII/AAAAAAAAAbU/CyKTizA3CKc271EpchkjmKWiJEcjhPOOwCPcBGAYYCw/s72-c/m_eksan.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2018/08/fraksi-nasdem-hanura-dorong-khofifah.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2018/08/fraksi-nasdem-hanura-dorong-khofifah.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy