Kang Irwan Sarasehan Bareng Petani Buah Naga di Banyuwangi

PARLEMEN JATIM-Irwan Setiawan, Anggota DPRD Jawa Timur menggelar sarasehan bertema Menuju Petani Sejahtera. Sarasehan ini digelar untuk ...


PARLEMEN JATIM-Irwan Setiawan, Anggota DPRD Jawa Timur menggelar sarasehan bertema Menuju Petani Sejahtera. Sarasehan ini digelar untuk merespon anjloknya harga produksi buah naga di Banyuwangi. Sebelumnya Irwan juga telah melakukan kunjungan ke daerah sentra buah naga di Banyuwangi Selatan.  

Dalam sarasehan yang digelar Mingg (3/2) itu, Irwan Setiawan menjelaskan bahwa pemprov Jawa Timur telah memiliki payung hukum berupa perda untuk melindungi dan memberdayakan petani, yaitu Perda No. 5 tahun 2015 tentang perlndungan dan pemberdayaan petani. 

“Perda Perlindungan dan Pemberdayaan Petani tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani, meningkatkan produktifitas usaha tani dan memberdayakan petani agar tercipta sinergi dan keberlanjutan produktifitas pertanian,” ujar politisi yang akrab disapa Kang Irwan ini. 

Ketua Fraksi PKS DPRD Jatim ini menjelaskan bahwa perlindungan petani dilakukan dalam bentuk penyediaan sarana dan prasarana produksi. Perlindungan terhadap komoditas unggulan strategis, penetapan harga pokok produksi pembelian pemerintah, mekanisme penyangga produksi, asuransi pertanian, dan sistem peringatan dini. 

“Perlindungan yang dimaksud diberikan kepada petani yang melakukan usaha tani yang tidak memiliki lahan sendiri dan petani yang melakukan usaha tani di lahan milik sendiri yang luasnya kurang dari 2 (dua) hektar,” Imbuhnya. 

Kang Irwan yang mewakili daerah pemiliha Banyuwangi, Situbondo dan Bondowoso ini mengungkapkan, 
Dalam sarasehan ini terungkap bahwa jeruk dan buah naga belum termasuk komoditas unggulan strategis. Dalam perda yang mendapat perlindungan baru Komoditas unggulan strategis meliputi: padi, jagung, kedelai, tebu, bawang merah, cabai; dan sapi potong.

Karena itu,  Irwan menyampaikan harapannya pemerintah kabupaten dapat memberikan perhatian terhadap hal tersebut. Bagaimana 2 komoditas unggulan banyuwangi tersebut bisa juga mendapatkan perlindungan, sebagaimana harapan para petani yang hadir. 

Selain membatasi terbitnya rekomendasi impor terhadap komoditas ungulan strategis, pemerintah juga memberikan perlindungan Dalam hal produksi komoditas unggulan strategis yang dihasilkan petani melimpah (over production), Pemerintah Provinsi dapat membeli hasil produksi petani minimal berdasarkan harga pembelian pemerintah yang telah ditetapkan Pemerintah Pusat. 

Salah satu kelompok menyampaikan hasil panen sekitar 3 ton saat panen raya. Dengan harga hanya 1500 untuk kategori A. Jika semua dijual degan harga itu saja sudah merugi. Apalagi hasil panen tersebut terdiri dari kategori A, B, dan C. Sebenarnya kondisi yang sama terjadi saat panen Jeruk tahun 2018, salah seorang petani menyampaikan 80 pohon yang dimilikinya menghasilkan  7 ton dengan harga 1500. 

“Kami sangat berharap pemerintah kabupaten dapat memberikan perhatian kepada kedua komuditas tersebut. Terus terang, dua komnutas tersebut telah meningkatkan taraf hidup kami. Bahkan ada istilah kaji jeruk,” ujar salah seorang anggota kelompok tani. 

Perluasan pasar juga sangat diharapkan dapat mendapatkan perhatian pemerintah, selain juga pegolahan paska produksi. Hal ini harus secara massif dan bersama. Agar pengolahan pasca produksi bisa diterima dipasar secara lebih meluas. 

Dalam kesempatan sarasehan itu,  ada 6 kelompok tani yang hadir dari wilayah kecamatan Bangorejo. Irwan berharap bisa berdiskusi juga dengan kelompok tani dari daerah lainnya. Dengan demikian dapat lebih memahami permasalahan dan menyampaikan kepada stake holder terkait.

"Saya berharap hasil sarasehan tersebut dapat menjadi bahan diskusi dan masukan bagi stake holder terkait baik pemkab maupun pemprov,” pungkas Irwan Setiawan. 

Diakhir acara sarasehan, Kang Irwan membeli 3,6 Kuintal buah naga yang di bawa oleh kelompok tani. Buah naga itu dibeli dengan harga pasaran yaitu Rp5000/kg. Hal terserbut merupakan salah satu bagian suport dirinya secara moril kepada petani. (day) 

COMMENTS

Nama

Aspirasi,15,BANGGAR,3,BAPERDA,9,Dapil 1,9,Dapil 10,3,Dapil 11,5,Dapil 2,4,Dapil 3,7,Dapil 4,5,Dapil 5,11,Dapil 6,17,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,Eksekutif,47,F-PAN,1,F-PD,3,F-PDIP,6,F-PG,5,F-PKB,5,F-PKS,19,F-PPP,2,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,2,Fraksi NasDem-Hanura,4,Headline,817,Interupsi,333,Komisi A,18,Komisi B,37,Komisi C,28,Komisi D,21,Komisi E,75,Opini,24,Parlementaria,60,Pilgub,178,Profil,18,Sosialisasi,3,Video Parlemen Jatim,5,
ltr
item
Parlemen Jatim: Kang Irwan Sarasehan Bareng Petani Buah Naga di Banyuwangi
Kang Irwan Sarasehan Bareng Petani Buah Naga di Banyuwangi
https://1.bp.blogspot.com/-RTh-6xEYIMU/XFmHwNxExvI/AAAAAAAAFLo/bUYguwN0YJEgUAElGKBEYZuUrBgcnxwIQCLcBGAs/s320/buah_naga_banyuwangi.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-RTh-6xEYIMU/XFmHwNxExvI/AAAAAAAAFLo/bUYguwN0YJEgUAElGKBEYZuUrBgcnxwIQCLcBGAs/s72-c/buah_naga_banyuwangi.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2019/02/kang-irwan-sarasehan-bareng-petani-buah.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2019/02/kang-irwan-sarasehan-bareng-petani-buah.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy