Pemprov Jatim Alokasikan 35 Persen APBD untuk Pendidikan dan Kesehatan

PARLEMEN JATIM - Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengalokasikan 35 persen Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah (APBD) untuk sektor Pendi...

PARLEMEN JATIM - Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengalokasikan 35 persen Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah (APBD) untuk sektor Pendidikan dan Kesehatan. Besarnya alokasi di kedua sektor tersebut guna mendongkrak kualitas sumber daya manusia (SDM) dan Daya Saing   Jawa Timur.

"Semakin baik kemampuan sumber daya manusia (SDM) di Jatim,  akan berimplikasi pada peningkatan daya saing nasional dan global  yang secara langsung berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi, baik di Jatim maupun Indonesia secara umum," ungkap Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa usai  menyampaikan Nota Keuangan Rencana APBD Provinsi Jawa Timur Tahun Anggaran 2020 di hadapan sidang paripurna DPRD Provinsi Jawa Timur, Jumat (25/10).

"Rencana Kerja Pemerintah (RKP) pemerintah pusat,  fokusnya adalah peningkatan kualitas SDM, sejalan dengan itu  RKPD provinsi Jatim   juga mendorong peningkatan kualitas SDM  untuk pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan berdaya saing," tambah dia.

Dalam RAPBD Provinsi Jatim Tahun 2020, lanjut Khofifah, sektor pendidikan mendapat kucuran anggaran sejumlah Rp7,18 triliun, sedangkan sektor kesehatan senilai Rp4,38 Triliun. Sementara total RAPBD Provinsi Jatim mencapai Rp33,7 triliun. 

Khofifah mengatakan, dengan jumlah anggaran tersebut diharapkan tidak ada lagi anak usia sekolah di Jawa Timur yang tidak dapat mengakses pendidikan. Menurutnya, pendidikan merupakan modal utama bagi Jawa Timur  dalam menghadapi bonus demografi yabg kebetulan Jatim lebih awal mendapatkan bonus demografi dimaksud.

"Indonesia dan  Jawa Timur khususnya membutuhkan SDM yang kompetitif  jika ingin Maju dan Unggul. Tidak ada artinya Sumber Daya Alam melimpah kalau tidak didukung SDM yang bagus dan mumpuni. Jawa Timur harus ikut ambil bagian dan peran dalam mempersiapkan itu," tuturnya.

Masih di sektor pendidikan, Pemprov juga mengalokasikan anggaran sebesar Rp 25 miliar untuk 20 SMK guna melaksanakan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK-BLUD) yang diarahkan untuk pelaksanaan program Jatim Cerdas.

 Prioritas utamanya untuk Biaya Penunjang Operasional Penyelenggaraan Pendidikan (BPOPP) di SMA, SMK dan PK-PLK, serta untuk peningkatan Kesejahteraan dan Kompetensi Guru Tidak Tetap dan Pegawai Tidak Tetap, dan Peningkatan Kualitas Sarana dan Prasarana Pendidikan.

Adapun di sektor kesehatan, papar Khofifah, besaran anggaran senilai Rp4,38 triliun akan dialokasikan guna menyukseskan program Jatim Sehat yakni Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Penyediaan Pelayanan Kesehatan Gratis dan Berkualitas.

Anggaran juga dialokasikan untuk pelaksanaan Program Desa Sehat, Pelayanan kesehatan bergerak di kepulauan, serta Kunjungan dokter spesialis/dokter residence senior ke daerah kepulauan dan koridor madura, UPT dan Rumah Sakit Khusus sebesar Rp 571 miliar.

Pemprov juga memberikan alokasi untuk RSUD Dr Soetomo sebesar Rp 1,568 triliun, serta untuk RSU. Dr. Saiful Anwar Malang sebesar Rp 934 miliar dan untuk sejumlah rumah sakit pemprov lain.

Sementara itu, untuk mengatasi pengangguran, Pemprov Jatim juga mengalokasikan anggaran sebesar Rp334 miliar yang akan digunakan untuk pembinaan kompetensi pelatihan melalui pelatihan kerja dan Job Fair, serta penempatan dan perluasan kesempatan kerja (Millenial Job Centre/MJC).

Peningkatan kapasitas dan kemampuan ini dilakukan guna merespon bonus demografi dan masuknya Indonesia di era gig economy.

"Dalam format Millenial Job Center anak-anak muda ini akan mendapatkan semacam "coaching clinic" oleh para tutor profesional. Mereka akan dipandu sesuai dengan minat dan bakat sehingga nantinya mampu memenuhi kebutuhan pasar," ujarnya.

Sedangkan dalam hal pengembangan infrastruktur, tambah Khofifah, Pemprov Jatim akan menitikberatkan pada perluasan akses dan pengembangan wilayah diantaranya dengan penanganan kekeringan, pengendalian banjir, pemantapan kapasitas jalan provinsi, pelayanan warga kepulauan, penguatan logistik maritim, serta langkah komplementer dengan program pusat dalam membangun akses kelistrikan. 

"InsyaAllah seluruh program yang telah direncanakan bisa berjalan dengan baik sehingga masyarakat merasakan betul peran dan kehadiran pemerintah di berbagai lini kehidupan. Saya yakin kedepan Jatim semakin Cettar," imbuhnya. (hms/day)

COMMENTS

Nama

Aspirasi,16,BANGGAR,3,BAPERDA,10,Dapil 1,9,Dapil 10,3,Dapil 11,5,Dapil 2,4,Dapil 3,7,Dapil 4,5,Dapil 5,11,Dapil 6,17,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,Eksekutif,77,F-NasDem,8,F-PAN,1,F-PD,5,F-PDIP,8,F-PG,7,F-PKB,8,F-PKS,19,F-PPP,2,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,4,Fraksi NasDem-Hanura,4,Headline,991,Interupsi,383,Komisi A,20,Komisi B,39,Komisi C,29,Komisi D,23,Komisi E,82,Opini,29,Parlementaria,72,Pilgub,178,Pilkada,37,Profil,21,Sosialisasi,10,Video Parlemen Jatim,5,
ltr
item
Parlemen Jatim: Pemprov Jatim Alokasikan 35 Persen APBD untuk Pendidikan dan Kesehatan
Pemprov Jatim Alokasikan 35 Persen APBD untuk Pendidikan dan Kesehatan
https://1.bp.blogspot.com/-ST0oKc5F4N0/XbL96sFldOI/AAAAAAAAOLA/jsY3sOzQnQk20LbQFkIBXHDG1PARMQXSgCLcBGAsYHQ/s320/IMG-20191025-WA0354.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-ST0oKc5F4N0/XbL96sFldOI/AAAAAAAAOLA/jsY3sOzQnQk20LbQFkIBXHDG1PARMQXSgCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20191025-WA0354.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2019/10/pemprov-jatim-alokasikan-35-persen-apbd.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2019/10/pemprov-jatim-alokasikan-35-persen-apbd.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy