Achmad Iskandar, Sambangi Dapil Tiap 3 Minggu

Achmad Iskandar saat melaksanakan reses di dapil XI PARLEMEN JATIM-Orang bijak berkata "Tak ada sukses yang diraih sekejap". ...

Achmad Iskandar saat melaksanakan reses di dapil XI
PARLEMEN JATIM-Orang bijak berkata "Tak ada sukses yang diraih sekejap". Kata-kata bijak itu berlaku pada semua orang termasuk sosok bernama Achmad Iskandar. Politisi Partai Demokrat itu kembali terpilih menjadi wakil masyarakat Madura di DPRD Jawa Timur untuk periode 2014-2019.

Proses terpilihnya pria asli Sumenep itu tidak instan, dia bekerja keras dan berkontribusi cukup besar bagi masyarakat di daerah pemilihan (dapil). Mantan Kepala Biro Administrasi dan Pembangunan (AP) di Pemprov Jatim itu bertutur.

Pria yang akrab disapa Pak Is itu mengaku selama 5 tahun menjadi anggota Dewan Jatim periode 2009-2014, dirinya selalu menyempatkan diri untuk menyambangi dapilnya di Madura. Paling tidak 3 minggu sekali politisi senior Partai Demokrat itu melakukan sambang desa. Sehingga sosok Iskandar cukup populer di kabupaten Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep. Tak heran, Iskandar berhasil mendulang hampir 150.000 suara saat pemilu 9 April lalu.

Iskandar mengakui, masa kampanye formal selama hampir dua bulan sangat berguna untuk melakukan sosialisasi bagi caleg. Tapi khusus dirinya, masa kampanye itu ia pergunakan untuk penguatan basis dukungan. Karena prinsipnya, ia sudah melakukan sosialisasi dan kerja-kerja sebagai wakil rakyat selama 5 tahun ini. Menurutnya, bila hanya turun ke dapil hanya setiap reses dan di masa kampanye, masyarakat akan cepat lupa karena banyaknya caleg.

"Saya 3 minggu sekali menyambangi dapil. Jadi saat kampanye tinggal penguatan dukungan sekaligus mengingatkan pendukung saya agar kembali memilih saya saat di bilik suara," beber Wakil Ketua DPRD  Jatim itu.

Iskandar terbilang rajin blusukan di dapil. Imbasnya jelas, perolehan suaranya berlipat ganda dari sekitar 60.000 pada pemilu 2009 menjadi 149.652 pada pemilu 2014 ini. Saking gemarnya blusukan, Iskandar sampai rela menyeberang pulau dengan kapal kecil saat menyambangi pulau Giliyang dan Sapudi. Padahal sebelumnya caleg lain enggan ke menyambangi pulau-pulau itu. Disamping ombaknya yang besar, juga karena tidak ada kapal besar yang mau melayani rute penyeberangan ke pulau-pulau itu.

Ternyata jerih payah Iskandar menyeberangi pulau Giliyang dan Sapudi itu tak sia-sia. Dari dua pulau itu, mantan Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPRD Jatim meraup banyak suara. Iskandar pun mengaku puas, karena sejumlah aspirasi masyarakat di sana bisa terpenuhi. Misalnya, jalur jogging sepanjang 10 km dan pengadaan sumber air bersih.

"Saya senang bisa membantu masyarakat di dapil. Kadang mereka spontan minta mesin jahit atau komputer. Kalau saya bisa bantu secara pribada akan langsung saya bantu. Tapi kalau saya tak sanggup, mereka akan saya fasilitasi ke pihak terkait yang memiliki kemampuan. Saya lebih senang lagi masyarakat yang saya bantu memilih saya saat pemilu," ucap kandidat Wakil Ketua DPRD Jatim itu sambil tersenyum.

Pria kelahiran Sumenep 10 Oktober 1949 itu termasuk caleg terpilih yang perolehan suaranya merata di empat kabupaten yang menjadi daerah pemilihannya di Madura. Mencapai prestasi itu, Iskandar mengaku hal itu dilakukan dengan merangkul semua potensi elemen masyarakat, temasuk Kiai, Klebun, Blater. Iskandar juga tak luput merangkul permpuan dan pemuda yang jumlahnya signifikan. Bahkan di beberapa wilayah para pemuda yang merupakan aktivis PMII dan ibu-ibu Muslimat menjadi tim sukses pemenangan dirinya.

"Saya tidak hanya mendekati anggota Partai Demokrat. Semua potensi saya rangkul dan bantu. Masalah mereka mau memilih atau tidak itu urusan belakangan. Alhamdulillah, mayoritas mereka memilih saya," imbuh politisi Partai Demokrat yang selama 5 tahun duduk di komisi Kesra itu. 

COMMENTS

Nama

Aspirasi,9,BANGGAR,3,BAPERDA,9,Dapil 1,9,Dapil 10,3,Dapil 11,5,Dapil 2,4,Dapil 3,6,Dapil 4,5,Dapil 5,8,Dapil 6,13,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,F-PAN,1,F-PD,3,F-PDIP,3,F-PG,1,F-PKB,4,F-PKS,17,F-PPP,2,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,2,Fraksi NasDem-Hanura,3,Headline,625,Interupsi,238,Komisi A,18,Komisi B,30,Komisi C,26,Komisi D,19,Komisi E,71,Opini,20,Parlementaria,49,Pilgub,178,Profil,13,Video Parlemen Jatim,3,
ltr
item
Parlemen Jatim: Achmad Iskandar, Sambangi Dapil Tiap 3 Minggu
Achmad Iskandar, Sambangi Dapil Tiap 3 Minggu
https://2.bp.blogspot.com/-UP34MQLjsFc/WSqZo1NmDlI/AAAAAAAAA4c/ZdMFNsTmarMQjKYyzhds62mNSIRKJ9c1QCLcB/s320/achmad_iskandar.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-UP34MQLjsFc/WSqZo1NmDlI/AAAAAAAAA4c/ZdMFNsTmarMQjKYyzhds62mNSIRKJ9c1QCLcB/s72-c/achmad_iskandar.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2017/05/achmad-iskandar-sambangi-dapil-tiap-3.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2017/05/achmad-iskandar-sambangi-dapil-tiap-3.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy