Tingkatkan Produksi Garam, Diskanla Siapkan Tiga Inovasi Teknologi

Dr. Heru Tjahjono PARLEMEN JATIM-Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Jawa Timur, Heru Tjahjono mengungkapkan anjloknya produ...

Dr. Heru Tjahjono
PARLEMEN JATIM-Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Jawa Timur, Heru Tjahjono mengungkapkan anjloknya produksi garam di tahun lalu menjadi salah satu pelajaran penting pihaknya untuk menciptakan inovasi baru. Bagaimana tidak, produksi garam di 2016 silam anjlok lebih dari sembilan puluh persen dari tahun sebelumnya. 

Heru menjelaskan, pada tahun 2015 lalu, produksi garam di Jatim bisa mencapai 1,1 juta ton. Bukan hanya surplus sekitar 950 ribu ton, dengan produksi sebanyak itu, Jatim dapat menyokong  hingga sepertiga dari total konsumsi garam di tingkat nasional sebesar 3,4 juta ton.

Berbeda halnya dengan produksi garam pada tahun 2016 lalu. Selama setahun, Jatim hanya bisa memproduksi garam sebesar 98 ribu ton. Bahkan, untuk menutup defisit penggunaan garam, Jatim sampai harus melakukan impor.  

Mantan Bupati Tulungagung dua periode ini mengakui salah satu alasan terbesar buruknya produksi garam di Jatim disebabkan cuaca yang didominasi oleh musim penghujan atau kemarau basah. Akibatnya hujan, petani enggan memproduksi garam. 

Untuk masalah itu, Heru pun mengatakan bahwa inovasi yang dilakukan pihaknya adalah dengan membuat ruang rekayasa anti hujan. "Saya menganggap bahwa alasan turunnya jumah produksi garam karena disebabkan musim hujan yang berkepanjangan adalah alasan yang basi. Dengan terobosan ini, saya meminta petani melupakan masalah cuaca," ujar Heru.

Ada tiga inovasi yang disiapkan oleh Diskanla Jatim. Yakni, rumah garam, geomembran, dan Teknologi Ulir Filter (TUF). Ketiga inovasi yang dibuat bekerjasama dengan Universitas Trunojoyo (Unijoyo) tersebut memungkinkan para petani garam dapat memproduksi garam tanpa bergantung dengan cuaca. Sebab, proses produksi akan dilakukan di dalam ruangan sehingga tak akan terganggu oleh hujan. "Teknologi yang terbaru ini bisa mmebuat para petani memproduksi garam sepanjang tahun tanpa perlu bergantung dengan cuaca," ujarnya. 

Tahun ini, proyek tersebut masih dalam tahap proses pilot project dan sosialisasi ke beberapa kelompok petani garam di Jawa Timur. Harapannya, tiga tahun mendatang seluruh petani garam di Jatim yang dapat menerapkan aplikasi ini. 

Untuk merangsang para petani mengadopsi teknologi tersebut, saat ini Diskanla telah memberikan bantuan dalam bentuk hibah ke-16 kelompok petani di sembilan kabupaten maupun kota di Jatim. Jumlah dana hibah tersebut mencapai dua miliar rupiah. Harapanya, setelah mengetahui keberhasilan petani yang menerapkan teknologi tersebut, kelompok petani lain mau untuk ikut menerapkannya. 

"Gambarannya saja selama dua bulan (Maret dan April) kami membuat pilot project, kami sudah mampu memproduksi dua ton garam. Padahal, cuacanya masih penghujan. Hal ini yang menurut kami bisa ditiru petani garam lain," pungkas orang nomor satu di Diskanla ini.

COMMENTS

Nama

Aspirasi,8,BANGGAR,2,BAPERDA,6,Dapil 1,9,Dapil 10,3,Dapil 11,5,Dapil 2,3,Dapil 3,6,Dapil 4,5,Dapil 5,6,Dapil 6,13,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,F-PAN,1,F-PD,3,F-PDIP,2,F-PG,1,F-PKB,4,F-PKS,13,F-PPP,2,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,2,Fraksi NasDem-Hanura,2,Headline,528,Interupsi,190,Komisi A,17,Komisi B,26,Komisi C,21,Komisi D,16,Komisi E,65,Opini,19,Parlementaria,41,Pilgub,169,Profil,12,Video Parlemen Jatim,1,
ltr
item
Parlemen Jatim: Tingkatkan Produksi Garam, Diskanla Siapkan Tiga Inovasi Teknologi
Tingkatkan Produksi Garam, Diskanla Siapkan Tiga Inovasi Teknologi
https://1.bp.blogspot.com/-eNCbfme6dbw/WRFWJX0s3iI/AAAAAAAAAyc/vuRHAj5oLB0Jznh60i1GT6MN__I_zMYkwCLcB/s320/heru_tjahjono.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-eNCbfme6dbw/WRFWJX0s3iI/AAAAAAAAAyc/vuRHAj5oLB0Jznh60i1GT6MN__I_zMYkwCLcB/s72-c/heru_tjahjono.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2017/05/tingkatkan-produksi-garam-diskanla.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2017/05/tingkatkan-produksi-garam-diskanla.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy