Emil Dardak Mampu Imbangi Azwar Anas

PARLEMEN JATIM-Pengamat politik dari Unijoyo Madura, Surokim Abdussalam menilai dipilihnya Emil Dardak sebagai pasangan Cawagub Khofifah ...

PARLEMEN JATIM-Pengamat politik dari Unijoyo Madura, Surokim Abdussalam menilai dipilihnya Emil Dardak sebagai pasangan Cawagub Khofifah di Pilgub Jatim mendatang, karena pertimbangan ingin mengimbangi Cawagub Gus Ipul yaitu Abdullah Azwar Anas.

"Rujukan pertimbangan utama dipilihnya Emil oleh Partai Demokrat adalah demi head to head dengan Abdullah Azwar Anas," terang Dekan FISIP Unijoyo ini, Selasa (21/11).

Indikator pasangan yang tepat bagi Ketum PP Muslimat NU di Pilgub Jatim 2018, lanjut Surokim setidaknya ada empat hal. Pertama, restu Partai Demokrat sebagai koordinator koalisi parpol pengusung dan bisa disepakati anggota koalisi. Kedua, mendapat restu dukungan dari tim 9 dari para kiai. Ketiga, bisa head to head dengan Anas (Cawagub Gus Ipul) untuk melengkapi kelemahan Khofifah, dan terakhir mendapat dukungan suara publik melalui survey.

"Emil Dardak bisa memenuhi paling banyak mendekati semua indikator itu, sehingga pilihan yang masuk akal dan paling potensial bisa bersaing bahkan menjadikan kontestasi Pilgub Jatim mendatang semakin seru," ungkap Surokim.

Kelebihan lain yang dimiliki Emil dibanding kandidat Cawagub Khofifah yang lain adalah pasangan ini bisa saling melengkapi, karena Emil tidak ada irisan langsung dengan suara Khofifah, dan bisa mematik pemilih milenial di area combat yang keras yaitu wilayah Arek.

"Dalam situasi pilkada zaman now, pilihan untuk mengakomodir tokoh muda itu pilihan progresif," tegasnya.

Usai mendapat dukungan resmi dari Partai Demokrat, kata Surokim pasangan KIP-Emil sudah tentu harus menyatukan suara dari partai-partai pengusung khususnya Partai NasDem yang sejak awal ingin mendapatkan jatah Cawagub. 

"Posisi NasDem dalam koalisi akan sangat tergantung pada arah kehendak Partai Golkar, jika Golkar bisa menerima maka posisi NasDem akan terjepit dan pada akhirnya akan menerima.. Apalagi secara fatsun politik, NasDem sebenarnya dalam posisi bukan penentu di koalisi," beber Surokim.

Senada, pengamat politik dari Surabaya Survey Center (SSC) Mochtar W Oetomo mengatakan setelah mendapatkan restu dari DPP Partai Demokrat, pasangan KIP-Emil juga perlu mendapatkan restu dan dukungan dari Presiden RI Joko Widodo. Sebab KIP sebagai pembantu presiden (Mensos) tidak mungkin berani maju dan memiliki kekuatan konsolidasi sedemikian rupa hingga Pakde Karwo dan SBY berpihak kepadanya kalau tanpa campur tangan Jokowi.


"Jokowi sudah pasti bisa meyakinkan Surya Paloh kalau masih keberatan dengan Emil Dardak. Sebab Surya Paloh saya rasa tidak mungkin akan mbalelo karena positioning yang diambil Nasdem selama ini adalah sebagai  pendukung utama Jokowi demi kepentingan elektoralnya," jelas Mochtar.

COMMENTS

Nama

Aspirasi,8,BANGGAR,2,BAPERDA,6,Dapil 1,9,Dapil 10,3,Dapil 11,5,Dapil 2,3,Dapil 3,6,Dapil 4,5,Dapil 5,6,Dapil 6,13,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,F-PAN,1,F-PD,3,F-PDIP,2,F-PG,1,F-PKB,4,F-PKS,13,F-PPP,2,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,2,Fraksi NasDem-Hanura,2,Headline,528,Interupsi,190,Komisi A,17,Komisi B,26,Komisi C,21,Komisi D,16,Komisi E,65,Opini,19,Parlementaria,41,Pilgub,169,Profil,12,Video Parlemen Jatim,1,
ltr
item
Parlemen Jatim: Emil Dardak Mampu Imbangi Azwar Anas
Emil Dardak Mampu Imbangi Azwar Anas
https://3.bp.blogspot.com/-uPOZECrZZJQ/WhWaycIkaZI/AAAAAAAAB1w/PiJgumkCPZkiBw2UFmqu-sbKNwyWKQ4lQCLcBGAs/s320/emil_dardak.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-uPOZECrZZJQ/WhWaycIkaZI/AAAAAAAAB1w/PiJgumkCPZkiBw2UFmqu-sbKNwyWKQ4lQCLcBGAs/s72-c/emil_dardak.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2017/11/emil-dardak-mampu-imbangi-azwar-anas.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2017/11/emil-dardak-mampu-imbangi-azwar-anas.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy