Timsel Cari Calon Komisioner Berintegritas

PARLEMEN JATIM-Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur akan bertambah dari lima menjadi tujuh orang.  Penambahan dua ...


PARLEMEN JATIM-Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur akan bertambah dari lima menjadi tujuh orang.  Penambahan dua orang Komisioner Jatim ini sesuai  UU No. 7 tahun 2017 tentang Pemilu, bahwa untuk wilayah dengan jumlah penduduk diatas 10 juta maka Komisioner KPU berjumlah 7 orang. 

Sekretaris Tim Seleksi (Timsel) rekrutmen Komisioner KPU tambahan, Dr. Abdul Chalik mengatakan Timsel yang dibentuk oleh KPU RI ini akan bekerja hingga 16 Agustus 2018. Demi mendapatkan Komisioner yang berintegritas, pihaknya akan melibatkan masyarakat dalam proses rekrutmen. 

Karena itu, Timsel akan membuka ruang untuk pengaduan masyarakat pada masa tanggapan masyarakat mulai 11 Juli sampai 5 Agustus.  Informasi dari masyarakat itu nantinya akan ditelaah kebenarannya untuk dikonfirmasi pada yang bersangkutan.

"Kami akan libatkan masyarakat dalam proses rekrutmen. Selama datanya kuat dan sumbernya jelas, laporan itu akan kami tindaklanjuti," tutur Abdul Chalik, Kamis (12/7).

Dosen UIN Sunan Ampel (UINSA) itu menjelaskan ada sejumlah poin yang bisa menggugurkan pencalonan.  Diantaranya,  pernah menjadi pengurus atau anggota partai politik dalam lima tahun terakhir, pernah menjalani hukuman pidana serta masih berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN).

Chalik melanjutkan,  untuk pendaftaran dimulai sejak 10 hingga 18 Juli mendatang. Para kandidat ini harus lolos tes administrasi, akademik, kesehatan, dan tes wawancara.

"Tanggal 7 Agustus kami serahkan 4 nama calon Komisioner kepada KPU RI,  yang selanjutnya KPU RI akan tentukan 2 nama yang dinilai layak menjadi anggota KPU Jatim tambahan," lanjutnya. 

Berdasarkan lama tugas Komisioner KPU Jatim yang akan bertugas sampai Pebruari 2019, maka kedua komisioner tambahan ini hanya bekerja 6 bulan saja.

"Mereka menyesuaikan dengan kerja anggota yang lama, yaitu hanya sampai 6 bulan saja," tegasnya.

Pihak Timsel akan memberi kesempatan mereka yang ingin menjadi anggota komisioner KPU. Namun mereka yang mendaftar diharap tidak sekedar hanya mencari pekerjaan, tapi harus punya kapasitas, kapabilitas dan integritas.

Dengan tugas tugas yang cukup berat, apalagi saat ini adalah tahun politik. dimana ada sejumlah agenda politik besar didepan,  yaitu tahapan Pileg dan Pilpres. Maka Timsel mengaku sangat mengutamakan mereka yang punya pengalaman soal kinerja Kepemiluan.

"Kita berharap yang paham tentang hal-hal kepemiluan mendaftar, agar dua orang yang nanti terpilih bisa langsung bekerja dengan Komisioner lainnya. Karena itu para anggota KPU dan Bawaslu kabupaten kota dipersilahkan untuk ikut mendaftar," pungkasnya. (day) 

COMMENTS

Nama

Aspirasi,9,BANGGAR,3,BAPERDA,9,Dapil 1,9,Dapil 10,3,Dapil 11,5,Dapil 2,4,Dapil 3,7,Dapil 4,5,Dapil 5,8,Dapil 6,15,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,F-PAN,1,F-PD,3,F-PDIP,4,F-PG,3,F-PKB,4,F-PKS,18,F-PPP,2,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,2,Fraksi NasDem-Hanura,4,Headline,656,Interupsi,255,Komisi A,18,Komisi B,33,Komisi C,27,Komisi D,19,Komisi E,73,Opini,21,Parlementaria,52,Pilgub,178,Profil,14,Video Parlemen Jatim,4,
ltr
item
Parlemen Jatim: Timsel Cari Calon Komisioner Berintegritas
Timsel Cari Calon Komisioner Berintegritas
https://4.bp.blogspot.com/-UuZtEIPeGOs/W0g1YgeIn4I/AAAAAAAADeQ/Gin6wnz6W8k4329_3xvzSN9H0kUSjuiVACLcBGAs/s320/abdul-chalik.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-UuZtEIPeGOs/W0g1YgeIn4I/AAAAAAAADeQ/Gin6wnz6W8k4329_3xvzSN9H0kUSjuiVACLcBGAs/s72-c/abdul-chalik.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2018/07/timsel-cari-calon-komisioner.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2018/07/timsel-cari-calon-komisioner.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy