Menjaga Pancasila sebagai Pemersatu Bangsa

PARLEMEN JATIM-Pancasila tidak hanya sekedar ideologi dasar bagi rakyat Indonesia, tapi merupakan falsafah dan pedoman hidup bagi bangsa...


PARLEMEN JATIM-Pancasila tidak hanya sekedar ideologi dasar bagi rakyat Indonesia, tapi merupakan falsafah dan pedoman hidup bagi bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terdapat 5 sila yang bila diperas menjadi butir-butir yang berisi nilai-nilai kehidupan seperti toleransi, saling menghargai dan menghormati serta gotong royong. Karena itu penting menjaga Pancasila sebagai pemersatu bangsa.

Hal itu disampaikan anggota MPR RI, Andreas Eddy Susetyo dalam Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang. Kegitan yang dilaksanakan oleh Rumah Aspirasi Masyarakat Malang Raya (ASMMARA) itu berlangsung di Selorejo Hotel dan Resort di Jl Raya Ngantang, Kabupaten Malang. Acara itu diikuti sekitar 150 peserta yang berasal dari Forum Komunikasi Kristen dan Katolik Kepanjen (FK3).

“Pancasila bukan hanya ideologi bangsa tapi juga falsafah hidup.  Karena itu menjaga Pancasila sama dengan menjaga NKRI, sebab Pancasila adalah pemersatu bangsa,” tutur Andreas Eddy Susetyo,  Selasa (12/3/2019).

Anggota MPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan ini mengajak agar masyarakat Indonesia, khususnya warga Malang Raya untuk mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Menurutnya, semua tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara sudah termaktub dalam Pancasila. Mulai kehidupan bernegara hingga kehidupan bermasyarakat dan antar tetangga.

Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila merupakan saripati dari budaya luhur dan adat istiadat yang sudah ada sejak lampau. Bahkan jauh sebelum terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Karena itu cocok diamalkan dalam kehidupan dan keseharian.

“Nilai-nilai Pancasila adalah saripati dari adat istiadat dan budaya luhur yang sudah berlangsung turun temurun. Karena itu cocok dengan kepribadian bangsa,” imbuh politisi asli Malang ini.

Andreas mengingatkan di era digitalisasi dan keterbukaan informasi seperti saat ini, budaya luar masuk secara deras ke dalam negeri. Informasi dengan mudah bisa diakses dan sampai ke tangan orang per orang lewat telepon genggam atau smart phone. Padahal belum tentu budaya itu cocok dengan kepribadian bangsa Indonesia.

Bahkan belakangan budaya dan faham dari luar itu justru disinyalir mengancam keutuhan NKRI. Karena itu, tak ada pilihan lain selain kembali memperkuat komitmen berbangsa dan bernegara dengan berlandasan Pancasila. Sebab, sulit membendung informasi dan budaya luar masuk ke Indonesia di era keterbukaan seperti saat ini.

“Solusinya adalah kembali ke Pancasila dan menjalankan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Orangtua pun harus menanamkan ini sejak dini ke anak, antar masyarakat juga harus saling mengingatkan satu sama lain agar mengamalkan Pancasila sebagai identitas bangsa,” pungkas Andreas. (day)

COMMENTS

Nama

Aspirasi,37,BANGGAR,8,BAPERDA,15,Dap,1,Dapil 1,17,Dapil 10,3,Dapil 11,6,Dapil 2,4,Dapil 3,8,Dapil 4,6,Dapil 5,14,Dapil 6,18,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,Dapil14,1,Eksekutif,214,F-NasDem,16,F-PAN,1,F-PD,9,F-PDIP,11,F-PG,7,F-PKB,24,F-PKS,24,F-PPP,3,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,61,Fraksi NasDem-Hanura,4,Headline,1579,Interupsi,648,Komisi A,22,Komisi B,40,Komisi C,31,Komisi D,24,Komisi E,85,Nasional,2,Opini,32,Parlementaria,109,Pilgub,180,Pilkada,42,Pilpres,7,pks,1,Profil,21,Reses,13,Sosialisasi,21,Video Parlemen Jatim,5,
ltr
item
Parlemen Jatim: Menjaga Pancasila sebagai Pemersatu Bangsa
Menjaga Pancasila sebagai Pemersatu Bangsa
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjLSDQ8a1izds_UanlxGpTu0hkKC-hY4lEz_mht4tuamhGh2MQg42v7A_GVRyv62R0YYKqSEP9AHFciOfmKl2aei_B6yrXnvGl-AA8BgwFBck9D-FyfjDahafP6WzVtR-sdSmxz6z0kwNk/s320/andreas-ngantang.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjLSDQ8a1izds_UanlxGpTu0hkKC-hY4lEz_mht4tuamhGh2MQg42v7A_GVRyv62R0YYKqSEP9AHFciOfmKl2aei_B6yrXnvGl-AA8BgwFBck9D-FyfjDahafP6WzVtR-sdSmxz6z0kwNk/s72-c/andreas-ngantang.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2019/03/menjaga-pancasila-sebagai-pemersatu.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2019/03/menjaga-pancasila-sebagai-pemersatu.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy