Fix, Lusa Gubernur Beri Keterangan di Pengadilan Tipikor

PARLEMEN JATIM -Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dipastikan hadir pada sidang kasus dugaan jual-beli jabatan di Pengadilan Ti...

PARLEMEN JATIM-Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dipastikan hadir pada sidang kasus dugaan jual-beli jabatan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Rabu (3/7). Khofifah hadir sebagai saksi untuk terdakwa Haris Hasanuddin dan Muhammad Muafaq Wirahadi. Haris adalah Kepala Kanwil Kementerian Agama Jawa Timur (nonaktif), sedangkan Muafaq Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik (nonaktif).

Kepastian kehadiran Gubernur Jatim sebagai saksi pada persidangan pekan ini disampaikan oleh penasehat hukum Khofifah Indar Parawansa, Hadi Mulyo Utomo, SH, MH. Hadi menyampaikan sikap Khofifah itu membuktikan orang nomor satu di Jawa Timur tersebut adalah figur penyelenggara negara yang taat hukum.

“Bu Khofifah akan hadir sebagai saksi pada persidangan 3 Juli nanti. Itu bukti beliau taat hukum,” ujar Hadi, Senin (1/7).

Hadi mengungkapkan kehadiran Khofifah pada persidangan pekan ini untuk memenuhi panggilan ke-2 sebagai saksi. Sebagai penasehat hukum, Hadi ingin meluruskan opini yang berkembang berkenaan dengan belum hadirnya Khofifah sebagai saksi.

Lulusan terbaik S1 dan Pascasarjana Fakultas Hukum Unair ini menjelaskan selama ini, kliennya bersikap kooperatif dan prinsipnya siap menghadiri undangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk memberikan keterangan saksi dalam persidangan di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat.

Hanya saja, lanjut Hadi, dalam kesempatan dua pekan ini yaitu pada saat hari Rabu, tanggal 19 Juni 2019 dan 26 Juni 2019, Gubernur ada kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan yaitu menghadiri RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) BUMD dan pekan lalu ada kegiatan prosesi pernikahan putri semata wayangnya.

“Kehadiran Bu Khofifah nanti adalah untuk memenuhi panggilan kedua JPU sebagai saksi. Karena sebelum turun panggilan kedua,  kami telah melayangkan surat permohonan penundaan pemberian keterangan sebagai saksi dihadapan persidangan. Oleh Penuntut Umum kemudian dijadwalkan kembali pada Rabu 3 Juli mendatang,” urai mantan staf pengajar di Universitas Surabaya (Ubaya) tersebut.

Karena itu, pihaknya menegaskan Khofifah tidak pernah mangkir dari panggilan dan senantiasa kooperatif serta sangat mendukung penuh upaya penegakan hukum yang dilakukan oleh KPK. Sebab, semua ketidakhadiran selalu disertakan surat tertulis pemberitahuan kepada Tim Jaksa Penuntut Umum dengan alasan yang dapat dipertanggungjawabankan.

Hadi mengatakan tidak benar apabila ada ultimatum panggilan dari KPK. Bahkan pihaknya mengapresiasi Tim Penuntut Umum KPK yang dipimpin Wawan Yunarwanto karena bertindak bijaksana. Penuntut umum dapat memahami alasan ketidakhadiran Gubernur, sewaktu pihaknya bertemu untuk menyerahkan surat penundaan panggilan secara langsung di Gedung KPK.

"Kami yang mengikuti jalannya persidangan secara langsung. Kami menyaksikan tim JPU KPK, Wawan Yunarwanto membacakan dan menyampaikan surat pemberitahuan penundaan secara langsung kepada Majelis Hakim. Kemudian dijadwalkan panggilan pada 3 Juli, nanti,” kata advokat anggota PERADI Surabaya ini. (day)

COMMENTS

Nama

Aspirasi,15,BANGGAR,3,BAPERDA,10,Dapil 1,9,Dapil 10,3,Dapil 11,5,Dapil 2,4,Dapil 3,7,Dapil 4,5,Dapil 5,11,Dapil 6,17,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,Eksekutif,51,F-NasDem,1,F-PAN,1,F-PD,3,F-PDIP,6,F-PG,5,F-PKB,5,F-PKS,19,F-PPP,2,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,3,Fraksi NasDem-Hanura,4,Headline,849,Interupsi,342,Komisi A,18,Komisi B,37,Komisi C,28,Komisi D,21,Komisi E,75,Opini,24,Parlementaria,62,Pilgub,178,Pilkada,14,Profil,20,Sosialisasi,3,Video Parlemen Jatim,5,
ltr
item
Parlemen Jatim: Fix, Lusa Gubernur Beri Keterangan di Pengadilan Tipikor
Fix, Lusa Gubernur Beri Keterangan di Pengadilan Tipikor
https://1.bp.blogspot.com/-_hYcfTckfec/XRmDMmdV6-I/AAAAAAAAKw8/aLBXWvV9w3ESTyNP8S5BUEli7SESOw5ogCLcBGAs/s320/IMG_20190701_102633.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-_hYcfTckfec/XRmDMmdV6-I/AAAAAAAAKw8/aLBXWvV9w3ESTyNP8S5BUEli7SESOw5ogCLcBGAs/s72-c/IMG_20190701_102633.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2019/07/fix-lusa-gubernur-beri-keterangan-di.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2019/07/fix-lusa-gubernur-beri-keterangan-di.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy