Jatim Harus Tetap Jadi Lumbung Pangan Nasional

PARLEMEN JATIM-Jawa Timur dikenal sebagai provinsi agraris, tak heran karena mayoritas penduduknya hidupn dari sektor pertanian dan menja...

PARLEMEN JATIM-Jawa Timur dikenal sebagai provinsi agraris, tak heran karena mayoritas penduduknya hidupn dari sektor pertanian dan menjadi petani. Wajar saja kalau provinsi paling Timur Pulau Jawa ini menjadi lumbung pangan nasional.

Bambang Juwono, Anggota DPRD Jawa Timur asal daerah pemilihan Jatim VII yang terdiri dari Kabupaten, Ngawi, Magetan, Trenggalek, Ponorogo dan Pacitan berharap status Jatim sebagai lumbung pangan nasional bisa tetap dipertahankan. Karena itu, produksi pertanian, khususnya padi harus ditingkatkan.

“Jawa Timur selama ini menjadi lumbung pangan nasional. Saya berharap ini harus dipertahankan, karena itu pihak terkait seperti pemprov, pemkab dengan dinas terkait harus terus memberikan pendampingan kepada petani dan gapoktan,” tutur politisi senior PDI Perjuangan yang akrab disapa Logos itu, Senin (5/3).

Pimpinan Komisi A DPRD Jatim yang membidangi pemerintahan dan hukum ini mengungkapkan, lima Kabupaten yang ada di daerah pemilihannya adalah daerah agraris. Tak heran mayoritas penduduknya adalah petani.

Ia menilai saat ini pendampingan yang diberikan pemerintah kepada petani sudah cukup baik. Baik dari ketersediaan bibit dan pupuk sebelum masa tanam maupun sampai ke proses penggilingan padi. Meski di beberapa daerah masih ada keluhan, tapi secara umum sudah baik.

“Penanggulangan hama saya lihat juga sudah cepat, termasuk pencegahannya. Saya kira pendampngan dan penyuluhan kepada petani harus terus dilakukan agar meminimalisir gagal panen,” imbuh Bambang.

Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim ini mengapresiasi Dana Desa yang berasal dari APBN dan Alokasi Dana Desa yang berasal dari APBD Kabupaten, karena memberi dampak positif bagi pembangunan di desa. Hal itu bisa dilihat dari infrastruktur di desa yang sudah terbangun, terutama jalan desa, jembatan dan saluran irigasi.

Politisi berlatar advokat ini melanjutkan, geliat pembangunan di desa membuktikan program Nawacita yang digagas Presiden Joko Widodo sudah berjalan. Salah satu dari sembilan program itu adalah pembangunan desa, daerah pinggiran dan pulau-pulau terluar dari NKRI.

“Alhamdulillah, anggaran dana desa dan alokasi dana desa turut mempercepat pembangunan di desa. Saya berharap para pemuda tidak lagi mencari pekerjaan ke kota, tapi tinggal di desa dan membangun desa,” tandasnya.

Bambang Juwono juga berpesan pada konstituen di dapilnya agar menjaga Jawa Timur tetap guyub. Jangan sampai pilkada maupun pilgub membuat masyarakat terpecah belah. Karena itu pilihlah pemimpin sesuai hati nurani dengan melihat rekam jejaknya selama ini.


“Di Dapil saya sebentar lagi ada pemilihan Bupati Magetan yang pelaksanaannya serentak dengan Pilgub. Saya berharap situasi tetap kondusif, tidak ada gejolak di masyarakat. Jatim harus tetap guyub rukun,” pungkas alumni GMNI ini.

COMMENTS

Nama

Aspirasi,37,BANGGAR,8,BAPERDA,15,Dap,1,Dapil 1,17,Dapil 10,3,Dapil 11,6,Dapil 2,4,Dapil 3,8,Dapil 4,6,Dapil 5,14,Dapil 6,18,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,Dapil14,1,Eksekutif,214,F-NasDem,16,F-PAN,1,F-PD,9,F-PDIP,11,F-PG,7,F-PKB,24,F-PKS,24,F-PPP,3,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,61,Fraksi NasDem-Hanura,4,Headline,1579,Interupsi,648,Komisi A,22,Komisi B,40,Komisi C,31,Komisi D,24,Komisi E,85,Nasional,2,Opini,32,Parlementaria,109,Pilgub,180,Pilkada,42,Pilpres,7,pks,1,Profil,21,Reses,13,Sosialisasi,21,Video Parlemen Jatim,5,
ltr
item
Parlemen Jatim: Jatim Harus Tetap Jadi Lumbung Pangan Nasional
Jatim Harus Tetap Jadi Lumbung Pangan Nasional
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgpFmpY5GIbizoBtgATns6bU5v2Mmj2kmfhhnle7Xwi6QMWgr3-zP7hIdkvRw12LjSb7qRZa5KizbWy-GYve1OyvG5ez_DcuKSC99vsK3-nXp4xbg26X9-Na_9z5lGDvEK_mAlPB36GvFc/s320/bambang_juwono_logos.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgpFmpY5GIbizoBtgATns6bU5v2Mmj2kmfhhnle7Xwi6QMWgr3-zP7hIdkvRw12LjSb7qRZa5KizbWy-GYve1OyvG5ez_DcuKSC99vsK3-nXp4xbg26X9-Na_9z5lGDvEK_mAlPB36GvFc/s72-c/bambang_juwono_logos.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2018/03/jatim-harus-tetap-jadi-lumbung-pangan.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2018/03/jatim-harus-tetap-jadi-lumbung-pangan.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy