Parlemen Minta Kepastian Kesiapan Pemprov Terkait Spin Off BUS

PARLEMEN JATIM -DPRD Jawa Timur khususnya Komisi C menyambut baik tekad manajemen Bank Jatim untuk segera melaunching Bank Jatim Syariah...


PARLEMEN JATIM-DPRD Jawa Timur khususnya Komisi C menyambut baik tekad manajemen Bank Jatim untuk segera melaunching Bank Jatim Syariah. Karena itu, pihak parlemen meminta kepastian kesiapan dari Pemprov Jatim sebagai pemilik dari Bank Jatim. Pernyataan itu disampaikan anggota Komisi C DPRD Jatim, Irwan Setiawan.

Menurut catatan Irwan, Bank Jatim sudah kali kedua mengajukan ijin prinsip ke otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk proses spin off unit usaha syariah (UUS) ke bank umum  syariah (BUS) yang merupakan cikal bakal Bank Jatim Syariah. 

"Ini untuk yang kedua kalinya Bank Jatim mengajukan ijin prinsip, pada bulan Nopember 2017 ke OJK. Dan ijin ini masa limitnya sampai 6 bulan ke depan. Lewat dari bulan Mei, maka ijinnya kadaluarsa. Karena itu butuh komitmen kesiapan dari pemprov," tutur politisi yang akrab disapa Kang Irwan itu, Rabu (14/3).

Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) DPRD Jatim ini mengingatkan, berdasarkan UU Perbankan syariah, syarat pendirian utama dari BUS adalah dikeluarkannya ijin prinsip oleh OJK dan modal disetor senilai Rp1 Triliun. 

Irwan mengungkapkan, dalam hearing dengan OJK terungkap beberapa skema untuk proses spin off UUS ke BUS. Skema pertama, Bank Jatim menyiapkan modal disetor senilai Rp1 Triliun. Namun skema pertama ini konsekuensinya maka permodalan Bank Jatim akan terganggu karena CAR sekarang posisi sekitar 23 menjadi 17. 

“Selain akan mempengaruhi permodalan Bank Katim, harapan pemprov untuk memiliki BUMD BUS semakin sulit. Karena sharenya Bank Jatim akan semakin besar. Harus menambah modal disetor sebanyak 1 Trilyun,” tandas Irwan.

Sekretaris Umum DPW PKS Jatim ini menyebut ada alternatif kedua, pada saat ijin prinsip Bank Jatim modal disetornya Rp500 Milyar plus Rp2 Milyar dari koperasi. Selanjutnya pemrov akan bisa masuk ke penyertaan BUS apabila BUSnya sudah berbentuk badan hukum. Selanjutnya pemprop membuatkan perda pembentuan BUMD dan perda penyertaan modal kepada BUMD tersebut. 

“Dalam hal ini waktunya dibatasi oleh OJK selama 6 bulan setelah ijin prinsip, pemprov harus sudah melakukan penyertaan modal sebanyak Rp525 Milyar,” urai Irwan.

Terpisah, Wakil Ketua Komisi C, Renville Antonio menegaskan pembentukan Bank Umum Syariah adalah amanat Undang-Undang. Sebab pada tahun 2020 Unit Usaha Syariah tidak diperbolehkan lagi, sehingga harus berpisah dan menjelma menjadi Bank Syariah.

Meskipun wajib, namun politisi Partai Demokrat itu tak mau proses pembentukan BUS tergesa-gesa, karena itu harus dimatangkan sampai batas akhir tahun 2020.  Karena itu, Renville kurang setuju kalau untuk mengejar cepat pembentukan Bank Umum Syariah dengan Buku I. Karena itu sebuah kemunduran, pasalnya Unit Usaha Syariah saja menggunakan buku dua.

“Kalau BUS itu amanat UU, jadi tidak bisa tidak. Hanya saja jangan tergesa-gesa, banyak yang harus dipertimbangkan, termasuk kemampuan APBD Jatim. Saya berharap BUS bisa direalisasikan dengan menggunakan buku II sehingga jelas kontribusinya ke APBD,” pungkas Renville. (day)

COMMENTS

Nama

Aspirasi,8,BANGGAR,2,BAPERDA,6,Dapil 1,9,Dapil 10,3,Dapil 11,5,Dapil 2,3,Dapil 3,6,Dapil 4,5,Dapil 5,6,Dapil 6,13,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,F-PAN,1,F-PD,3,F-PDIP,2,F-PG,1,F-PKB,4,F-PKS,13,F-PPP,2,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,2,Fraksi NasDem-Hanura,2,Headline,528,Interupsi,190,Komisi A,17,Komisi B,26,Komisi C,21,Komisi D,16,Komisi E,65,Opini,19,Parlementaria,41,Pilgub,169,Profil,12,Video Parlemen Jatim,1,
ltr
item
Parlemen Jatim: Parlemen Minta Kepastian Kesiapan Pemprov Terkait Spin Off BUS
Parlemen Minta Kepastian Kesiapan Pemprov Terkait Spin Off BUS
https://2.bp.blogspot.com/-ZW84S74cgCQ/WqjCa8fcBYI/AAAAAAAACYo/FSbLzmx3hAoxZ13J8CVy5rbs6iYko2JGACLcBGAs/s1600/spin_off.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-ZW84S74cgCQ/WqjCa8fcBYI/AAAAAAAACYo/FSbLzmx3hAoxZ13J8CVy5rbs6iYko2JGACLcBGAs/s72-c/spin_off.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2018/03/parlemen-minta-kepastian-kesiapan.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2018/03/parlemen-minta-kepastian-kesiapan.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy