Pengamat Nilai Nurhayati Assegaf Bisa Jadi Kuda Hitam

Nurhayati Ali Assegaf (wikipedia) PARLEMEN JATIM-Setelah didominasi tokoh Jawa Timur yang sudah mengakar seperti Khofifah Indar Parawan...

Nurhayati Ali Assegaf (wikipedia)
PARLEMEN JATIM-Setelah didominasi tokoh Jawa Timur yang sudah mengakar seperti Khofifah Indar Parawansa, Tri Rismaharini dan Saifullah Yusuf, kini kandidat Calon Gubernur Jatim bertambah satu figur lagi. Nama anyar itu adalah Nurhayati Assegaf yang saat ini menjabat Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat.

Munculnya nama Nurhayati dalam bursa Pilgub Jatim 2018 dinilai merupakan fenomena baru yang bisa merubah konstelasi politik di Jawa Timur. Analisa itu disampaikan pengamat Politik dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Airlangga Pribadi Kusman. Lulusan Doktor ilmu politik Murdoch University itu mengatakan munculnya Nurhayati Assegaf bisa menjadi kuda hitam bagi para bakal calon Gubernur Jatim lainnya.

“Beliau bisa jadi kuda hitam bagi calon lain. Pilihan Demokrat ke Nurhayati Ali Assegaf serba mungkin, terlebih yang bersangkutan dekat dengan Cikeas, baik Pak SBY dan Bu Ani. Selain itu juga cerdas dan punya kepemimpinan yang baik,” terang Airlangga Pribadi.

Direktur Eksekutif lembaga penelitian The Initiative itu melanjutkan, untuk mendongkrak popularitasnya tentunya perlu kerja keras dari Nurhayati agar bisa lebih dikenal dengan masyarakat. Meski kemunculan Nurhayati dikancah Pilgub Jatim tergolong mepet, tapi bukan tidak mungkin popularitas dan elektabilitasnya bisa didongkrak dengan kerja politik yang tinggi dan terukur.

Terlebih, Nurhayati adalah anggota parlemen yang berasal dari daerah pemilihan Jawa Timur V yang meliputi Kabupaten Malang, Kota Malang dan Kota Batu. Dengan begitu dia punya modal suara yang berasal dari konstituen di dapil. Kalau didukung mesin dan jaringan Partai Demokrat, basis pemilih di daerah lain bisa dijangkau.

”Ini waktunya mepet sekali sehingga perlu kerja keras dia untuk menaikkan elektabilitasnya. Ia harus intensif turun ke masyarakat di luar dapil Malang. Dengan dukungan data dan strategi yang terukur, saya kira Bu Nur bisa lebih diterima masyarakat Jatim,” papar pria asli Jombang ini.

Alumni Magister Universitas Indonesia (UI) ini mengingatkan, Jawa Timur ini adalah provinsi yang religius. Ribuan pondok pesantren dengan jutaan santri tersebar di 38 kabupaten/kota. Karena itu, bila Nurhayati mau maju dalam Pilgub Jatim, ia harus memperkenalkan diri kepada para kiai, baik kiai besar maupun kiai kampung. Sebab, mereka punya pengaruh besar di masyarakat.

”Dia (Nurhayati-red) harus datang ke pondok pesantren
Sowan ke ulama, tokoh masyarakat, sebab mereka adalah pemimpin informal yang punya pengaruh di bawah,” pungkas Airlangga.

Terpisah, Nurhayati Ali Assegaf mengaku dirinya masih menjajaki maju dalam Pilgub Jatim.  Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI itu menjelaskan, sejumlah pihak mendorongnya maju Pilgub Jatim untuk meneruskan keberhasilan Pakde Karwo selama 10 tahun memimpin Jawa Timur.

Menurut Presiden International Humanitarian and Law (IHL), sebuah komisi hukum dan kemanusian pada Persatuan antar Parlemen se-Dunia (IPU) ini, Pakde Karwo adalah kader Partai Demokrat, jadi wajar kalau beliau diteruskan oleh kader Demokrat juga.


“Saya ini selain pengagum Pak SBY juga Pakde Karwo. Pakde Karwo berhasil memimpin Jawa Timur, alangkah baiknya kalau keberhasilan itu dilanjutkan oleh kader Demokrat juga,” pungkas Nurhayati.

COMMENTS

Nama

Aspirasi,37,BANGGAR,8,BAPERDA,15,Dap,1,Dapil 1,17,Dapil 10,3,Dapil 11,6,Dapil 2,4,Dapil 3,8,Dapil 4,6,Dapil 5,14,Dapil 6,18,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,Dapil14,1,Eksekutif,214,F-NasDem,16,F-PAN,1,F-PD,9,F-PDIP,11,F-PG,7,F-PKB,24,F-PKS,24,F-PPP,3,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,61,Fraksi NasDem-Hanura,4,Headline,1579,Interupsi,648,Komisi A,22,Komisi B,40,Komisi C,31,Komisi D,24,Komisi E,85,Nasional,2,Opini,32,Parlementaria,109,Pilgub,180,Pilkada,42,Pilpres,7,pks,1,Profil,21,Reses,13,Sosialisasi,21,Video Parlemen Jatim,5,
ltr
item
Parlemen Jatim: Pengamat Nilai Nurhayati Assegaf Bisa Jadi Kuda Hitam
Pengamat Nilai Nurhayati Assegaf Bisa Jadi Kuda Hitam
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgqsjXqDW7SbYTht1fwous70bc9yS8yw6qazxEWyQqVdSWL0yRoNJYizGn5DFoSlb59NlKGsk-ttQOiAVvwbt06BTkEh9G5_VBZ1bOj4uTYTfX-pKm0S0P-p2nnUpnHY5UaQCsdTATURfg/s320/nurhayati.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgqsjXqDW7SbYTht1fwous70bc9yS8yw6qazxEWyQqVdSWL0yRoNJYizGn5DFoSlb59NlKGsk-ttQOiAVvwbt06BTkEh9G5_VBZ1bOj4uTYTfX-pKm0S0P-p2nnUpnHY5UaQCsdTATURfg/s72-c/nurhayati.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2017/04/pengamat-nilai-nurhayati-assegaf-bisa.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2017/04/pengamat-nilai-nurhayati-assegaf-bisa.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy